Kapolda DIY Pastikan Pemuda Pembawa 35 Butir Peluru Bukan Jaringan Teroris Kapolda DIY, Irjen Ahmad Dofiri saat menhadiri acara simulasi Sispamkota Pemilu 2019 di De Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (14/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Kapolda DIY, Irjen Ahmad Dofiri memastikan seorang pria berinisial, RM RD (29) warga Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang ditangkap jajaran kepolisian D.I. Yogyakarta, setelah kedapatan membawa 35 butir peluru dipastikan bukan anggota teroris.

Polda DIY bakal menjerat RM RD (29) dengan Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata.

Ilustrasi peluru

"Kasus ini tidak ada kaitanya dengan terorisme. Itu hanya orang bisa yang mau masuk ke Markas Brimob (Brigade Mobil) membawa tas ransel kita periksa," ujar Dofiri saat menghadiri acara simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Pemilu 2019 di halaman parkir museum pabrik gula De Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (14/3).

Petugas jaga saat melakukan penggeledahan isi tas ransel menemukan sejumlah buku, uang, KTP, 35 butir peluru, magazine, dan lainnya. Bahan peledak tidak ditemukan. Terduga masih diperiksa intensif Mapolda DIY.

"Kita sampai sekarang belum tetapkan sebagai tersangka. Penahanan selama 24 jam masih diberlakukan," kata dia.

Pemuda pembawa tas ransel itu sempat kabur saat hendak diperiksa petugas penjaga Markas Brimob. Hasil pemeriksaan Reserse dan Kriminal Umum Polda DIY tidak ada kaitanya dengan kasus terorisme.

"Kita bisa jerat pemuda pembwa 35 butir peluru dan magazine ini dengan UU Darurat," kata dia.

Ia memastikan kondisi Yogyakarta aman tidak ada ancaman terorisme atau kriminal umum lainnya.

Polda DIY

Sebelumnya, anggota Polda DIY menangkap RM RD (29) warga Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta saat membawa tas ransel mencurigakan di Markas Brimob, Selasa (13/3). Hasil penggeledahan menemukan 35 butir peluru dan magazine.

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH