Kapasitas Penumpang Pesawat dan Bandara Kini 100 Persen

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 05 April 2022
Kapasitas Penumpang Pesawat dan Bandara Kini 100 Persen
Antrean calon penumpang pesawat yang akan melakukan rapid test antigen dan PCR di Shelter Kalayang Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, (22/12/2020). (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com- Pelonggaran kuota penumpang kini dilakukan pengelola penerbangan.

Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperbolehkan kapasitas pesawat dan bandara digunakan penuh.

Baca Juga:

Aturan Perjalanan Baru Penumpang Pesawat Terbang

Saat ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menerbitkat Surat Edaran Nomor 36 Tahun 2022 tentang Petunjuk Perjalanan Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi COVID-19 yang berlaku mulai Selasa ini (5/4/2022).

"Penetapan kapasitas terminal bandara ditetapkan 100 persen dari jumlah penumpang waktu sibuk pada masa normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto dalam pernyataan tertulisnya, yang dikutip, Selasa (5/4).

Novie menjelaskan, operasional bandara dilaksanakan sesuai dengan kondisi operasional masing-masing bandara.

Selain itu tetap wajib melayani operasional karena kondisi tertentu seperti angkutan logistik, kepentingan darura atau mendesak dan technical landing.

Agar penerapan Surat Edaran ini dapat berjalan dengan baik di lapangan, maka para Direktur di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara di Wilayah I-X, diminya bertanggungjawab melakukan pengawasan.

Novie memprediksi, antusias masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat akan meningkat.

Terlebih akan ada tradisi mudik yang dilaksanakan pada Lebaran Idul Fitri 2022.

Bandara Soekarno-Hatta.  (Foto: Antara)
Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Antara)

Pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster, tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Sementara PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua, wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Lalu PPDN dengan kondisi kesehatan khusus atau komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Selain itu juga melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

Novie menambahkan, PPDN dengan usia di bawah enam tahun, dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

"PPDN usia di bawah enam tahun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan, yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan COVID-19, serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ujar Novie. (Knu)

Baca Juga:

Tips Anti 'Norak' Saat Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

#Breaking #Lebaran #COVID-19 #Bandara #Pesawat #Kemenhub
Bagikan
Bagikan