Kpop
Kapankah Ucapan Haters Bisa Dilaporkan? Ini Pendapat Pengacara Kpop Sulli membacakan komentar buruk untuknya (Sumber: JTBC)

MENJADI seorang idola berarti harus siap menerima pujian dan hujatan. Setiap idola pasti pernah berhadapan dengan warganet yang memberikan komentar kebencian, kritik terhadap bakat, hingga lelucon yang kejam dan tidak pantas.

Meskipun siapa saja bebas menyampaikan pendapat, ada kalanya warganet dengan komentar jahat bisa dituntut. Kapan komentar jahat dari anti-fan menjadi tindakan kriminal? Dua pengacara veteran K-Pop menjelaskan komentar mana yang bisa membuat haters dituntut.

Baca juga:

Idola Kpop yang Jadi Korban Hoax

Ko Seung Woo dan Jeong Chong Myeong adalah dua pengacara paling berpengalaman di industri hiburan. Mereka pernah menangani kasus untuk anggota Wanna One, Kim Soo Hyun, hingga Seo Ye Ji. Keduanya duduk bersama untuk menjelaskan semua hal yang selalu ingin diketahui penggemar tentang sisi hukum K-Pop.

Jeong Chong Myeong menjelaskan bahwa ketika perusahaan mengambil tindakan hukum terhadap komentar jahat, kasus tersebut biasanya merupakan pencemaran nama baik. Secara sederhana, pencemaran nama baik adalah ketika seseorang mempublikasikan pernyataan palsu sebagai fakta. Dan pernyataan itu merusak reputasi, keuangan, atau kesehatan emosional korban.

Dua pengacara terkenal ungkap hal-hal yang dapat menjerat haters ke penjara (Sumber: AYO)

Tentu saja, mencari tahu persis komentar kebencian mana yang merupakan pencemaran nama baik tidak selalu mudah. Untuk memperjelas, Jeong memberikan contoh pencemaran nama baik.

Misalnya, seseorang mengklaim bahwa 'idola A dan B berkencan dan A hamil', tentu pernyataan itu akan langsung dianggap fakta. Namun jika penulis itu tahu bahwa pernyataannya tidak benar, itu disebut melakukan tindakan pencemaran nama baik.

"Ini tentang fakta dibalik ucapannya," tutur Jeong Chong Myeong seperti diungkapkan dalam YouTube AYO.

Baca juga:

Alasan Calon Artis Menyerah Jadi Idola K-Pop

Di sisi lain, Jeong mengatakan bahwa opini pribadi yang menyebut 'album baru artis A payah' atau 'Saya tidak ingin melihat idola yang kontroversial' bukanlah kejahatan. "Untuk tulisan yang hanya ungkapan pendapat pribadi, tidak termasuk kategori pencemaran nama baik," ujarnya.

Ko Seung-woo tuturkan kalimat kasar bisa dituntut (Sumber: AYO)

Jika komentar atau rumor tersebut tidak menimbulkan kerugian, biasanya idola atau perusahaan perlu membuktikan bahwa pemberi komentar tahu apa yang mereka katakan adalah kebohongan atau bahwa mereka sama sekali tidak mempedulikannya. Jika seorang penggemar membagikan rumor yang mereka yakini benar dengan otoritas baik, akan sulit untuk menetapkan kasus pidana.

Meskipun demikian, sering kali terdapat area abu-abu yang mempersulit pembuktian atau penyangkalan niat jahat. Menurut Ko Seung Woo, satu hal yang dapat membuat kasus tersebut menguntungkan seorang idola adalah jika muncul kata-kata umpatan di postingan.

Meskipun setiap pengacara dan hakim akan memiliki pendapat mereka sendiri tentang apakah sebuah komentar merupakan "penghinaan" atau "fitnah", kata-kata kutukan menjelaskan bahwa memang sang penulis memiliki maksud jahat. (avia)

Baca juga:

Cara Big Hit Entertainment Lindungi Member BTS dari Komentar Jahat

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Waspada Aplikasi Clubhouse Palsu untuk Android
Fun
Waspada Aplikasi Clubhouse Palsu untuk Android

Para pengguna Android sebaiknya tak asal mengunduh aplikasi, karena tengah banyak beredar aplikasi 'fake' Clubhouse untuk Android

E-Sport Makin Mendapat Tempat, Gamers Cianjur Memiliki Wadahnya sendiri
Hiburan & Gaya Hidup
E-Sport Makin Mendapat Tempat, Gamers Cianjur Memiliki Wadahnya sendiri

Para gamers di Kabupaten Cianjur kini mendapatkan wadah dari Pemerintah.

Tom Cruise akan Segera Syuting di ISS
ShowBiz
Tom Cruise akan Segera Syuting di ISS

Resmi! Tom Cruise syuting film di luar angkasa.

Single 'Dynamite' BTS Sukses Pecahkan Rekor Baru
ShowBiz
Single 'Dynamite' BTS Sukses Pecahkan Rekor Baru

Single pertama BTS yang sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris.

Meski Putus Sekolah, Para Selebritas Hollywood ini Mampu Capai Kesuksesan
ShowBiz
Ketika Kesalahpahaman Kpop Tuai Kontroversi
Fun
Ketika Kesalahpahaman Kpop Tuai Kontroversi

Insiden kontroversial di Kpop yang berakhir dengan kesalahpahaman.

Fakta-Fakta Penting Tentang Vaksin COVID-19
Fun
Fakta-Fakta Penting Tentang Vaksin COVID-19

Mengingat hal tersebut, agar tidak termakan hoaks atau berita bohong, kenali beberapa fakta tentang vaksin COVID-19 sudah tiba di Indonesia

Replika Rumah Ikonik 'Home Alone' dari Kue Jahe
Fun
Replika Rumah Ikonik 'Home Alone' dari Kue Jahe

Rayakan ulang tahun ke-30 'Home Alone', Disney+ buat replika rumah ikonisnya dari kue jahe.