Kapan Waktu Terbaik untuk Tidur Siang? Waktu terbaik untuk tidur siang. (Foto Pixabay/smengelsrud)

BUKAN hanya anak-anak saja yang harus tidur siang, orang dewasa pun juga demikian. Soalnya menurut Arianna Huffington, 'co-founder' HuffPost tidur siang akan membuatmu lebih produktif, kreatif, tidak mudah stres, lebih sehat, dan lebih bahagia pastinya.

Apalagi di tengah pandemi corona ini kamu tteap harus menjaga kesehatan fisik dan mentalmu supaya selalu siap menghadapi hari. Namun sebenarnya kapan ya waktu yang tepat untuk tidur siang?

Baca Juga:

Jaga Kesehatan Mental selama Pandemi, Physical Distancing Picu Depresi dan Keinginan Bunuh Diri

tidur
Dengan tidur siang bisa lebih bahagia. (Foto: Pixabay/Claudio_Scott)

Walaupun memiliki berbagai manfaat yang baik, waktu tidur siang yang salah malah akan berdampak buruk bagimu, demikian dilansir dari laman The List. National Sleep Association mengtakan bahwa waktu terbaik untu tidur siang adalah antara pukul 2 sampai 3 sore.

Mengapa? Karena pada waktu-waktu ini adalah ketika kamu sudah selesai makan siang. Sehabis makan, tubuhmu akan menginginkan istirahat dan tentunya tertidur pada kisaran waktu tersebut tidak akan menganggu pola tidurmu di malam hari. Hal ini tentu terkadang jadi masalah karena ketika tidur siang kita jadi tidak mengantuk di malam hari. Padahal seharusnya tidur siang itu tidak boleh sampai menganggu waktu tidur malam.

Baca Juga:

Bahaya Hipertensi Bagi Pasien COVID-19

tidur
Batasi waktu tidur siang agar pola tidur di malam hari tidak terganggu. (Foto: Unsplash/all_who_wander)

Selain itu, pakar tidur juga mengatakan waktu optimal untuk istirahat siang bisa dikondisikan sesuai dengan waktu kamu bangun tidur. Kalau kamu bangun jam 6 pagi maka kamu bisa memilih tidur pukul 13:30. Atau kalau kamu terbangun jam 7 pagi, tidur siang bisa dilakukan pukul 14:00.

Pakar tidur dari Klinik Mayo sebutkan bahwa tidur akan mengurangi rasa lelah, memberikan relaksasi, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki suasana hati, dan sebagainya. Nah, meski memiliki banyak keuntungan namun kamu harus pastikan untuk mengatur pola tidur siangmu supaya enggak akan merugikan.

Jadi walau sudah tidur di waktu yang tepat, pastikan batasi durasi waktu tidurmu. Tidur siang terbaik jangan sampai lebih dari 30 menit. Tujuannya agar kamu tetap bisa tidur di malam hari dan menghindari sleep-inertia, kepala pening sewaktu bangun tidur. (sam)

Baca Juga:

Awas, Langsung Tidur Setelah Makan Berdampak Buruk Bagi Tubuh


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH