Kapan Sesungguhnya Gus Dur Dilahirkan, 4 Agustus atau 7 September?  Gambar Gus Dur (Foto: gusdurian.net)

MerahPutih.com - Hari ini tepat 77 tahun silam, Abdurahman Wahid dilahirkan di Denanyar, Jombang, Jawa Timur dari pasangan Wahid Hasyim dan Solichah. Dilahirkan dengan nama Abdurahman Addakhil. "Addakhil" sendiri memiliki arti "Sang Penakluk", namun seiring berjalan waktu ia lebih dikenal dengan nama Abdurahman Wahid.

Ada hal yang unik dari hari lahir presiden keempat Republik Indonesia ini.

Sebagian orang mempercayai hari lahir (Harlah) Gus Dur adalah tanggal 4 Agustus 1940. Oleh karena itu, setiap tanggal 4 Agustus kerap diperingati Gus Durian sebagai Harlah Gus Dur.

Tapi, ada pula yang meyakini bahwa cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hasyim Asy'ari ini tidak dilahirkan tanggal 4 Agustus, melainkan tanggal 7 September 1940.

Mengutip Wikipedia, Gus Dur dilahirkan pada hari ke-4 bulan ke-8 menurut penanggalan Islam atau 4 Sya'ban 1359 Hijriah.

Dalam kalendar Masehi, bulan ke-8 jatuh pada bulan Agustus. Nyatanya, bulan Sya'ban tak selalu jatuh pada bulan Agustus.

Mengenai perbedaan hari lahir ini, ternyata baik Gus Dur maupun kedua orang tuanya tidak ingat kapan persisnya tanggal lahir yang sesungguhnya.

Gus Dur sendiri tidak terlalu ambil pusing dengan perbedaan tanggal lahirnya. Hal itu disebabkan, Gus Dur tidak punya tradisi merayakan ulang tahun.

Tapi, putri sulung Gus Dur, Alissa Wahid memberikan titik terang mengenai tanggal lahir "Bapak Bangsa" itu. Dalam sebuah postingan di Twitter @alissawahid, menyebut bahwa dilahirkan Gus Dur pada 7 September 1940.

Alissa, koordinator jaringan Gusdurian Indonesia, meluruskan kesimpangsiuran hari lahir ayahnya.

"#UltahGusDur hari ini? Iya. 7 Sept, hari ulangtahun yang asli. 4 Agt, hari ulangtahun yang legal," tulisnya pada akun Twitter @alissawahid, hari ini, Kamis (7/9).

Nah, sekarang sudah jelas kan? (*)

Baca juga artikel lainnya mengenai Gus Dur di: Gus Dur, Sang Penakluk Nomor Wahid


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH