Kapal TNI Siap Jadi Penginapan di Sail Selat Karimata 2016 Menteri Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli saat acara "Malam Budaya Menyongsong Badan Otorita Danau Toba", di kantor BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (25/5). (Foto: John Abimanyu)

MerahPutih Wisata - Gelaran Sail Selat Karimata 2016 yang rencananya di-launching 1 Juni mendatang masih belum sepenuhnya siap. Masih perlu banyak persiapan di antaranya mengenai akomodasi.

Menteri Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengaku, akomodasi penginapan pada Sail Selat Karimata 2016 nantinya diperuntukkan bagi peserta dan para turis yang hadir. Untuk antisipasi, pihak penyelanggara siap menyediakan penginapan terapung menggunakan kapal TNI dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

"Kini kita dihadapkan dengan persoalan akomodasi penginapan untuk menunjang para turis dan peserta yang hadir dalam acara tersebut. Namun, tak perlu khawatir pihak TNI dan Pelni siap menyediakan kapal yang berfungsi sebagai penginapan terapung," kata Rizal saat ditemui pada Rapat Koordinasi Sail Selat Karimata 2016 dengan kepaia daerah penyelenggara, di gedung BPPT 2, kantor Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Jakarta Pusat, Kamis (26/5).

Menurut Rizal, akomodasi saat ini yang terdapat di sana masih di bawah standar. Pemerintah terus memancing para investor untuk berinvestasi di daerah ini.

Seperti diketahui, Sail Selat Karimata 2016 akan digelar di empat provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Provinsi Jambi. Puncak kegiatan akan digelar tanggal 17 - 22 Oktober di Kepulauan Karimata.

"Kami melihat akomodasi penginapan di sana masih kurang memadai. Pemerintah pun sekarang berupaya untuk membangun akomodasi penginapan yang layak. Kami juga tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja yang ingin membangun hotel, silakan saja bagi memajukan industri pariwisata," jelasnya.

Rizal juga berencana untuk menggelar beberapa kegiatan kompetisi di antaranya, Booth Dragon (perahu naga), Asian Tekstil Competition, dan Yact Internasional.

"Kompetisi ini digelar agar lokasi ini dapat memancing para wistawan untuk berkuncung dan menghidupkan suasana di Selat Karimata yang merupakan bagian dari NKRI," tuturnya. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Menperin : Even Sail Selat Karimata Dorong Produk IKM
  2. Rizal Ramli, Usulkan Lomba Durian di Sail Selat Karimata 2016
  3. Sail Selat Karimata 2016, Diharapkan Mampu Mendorong Industri Pariwisata
  4. Kejadian 70 Ribu Tahun Lalu Jadi Daya Tarik Danau Toba
  5. Percepat Pengembangan Wisata Danau Toba, Kemenko Maritim Bentuk Badan Otoritas


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH