Kapal Tanker Inggris Ditangkap Militer Iran, Harga Minyak Dunia Melambung Eksplorasi Minyak (Foto capture africa-otherise.com)

Merahputih.com - Harga minyak dunia naik di perdagangan Asia, Senin (22/7). Kenaikan itu di tengah ketegangan yang semakin tinggi di Timur Tengah setelah sebuah kapal tanker Inggris ditangkap oleh militer Iran akhir pekan lalu.

Minyak mentah berjangka Brent naik 51 sen atau 0,8 persen, menjadi diperdagangkan di 62,98 dolar AS per barel pada pukul 00.42 GMT (08.42 WIB). Patokan internasional Brent naik ke level 63,47 dolar AS per barel pada perdagangan sesi sebelumnya.

Baca Juga: Konflik Produk Minyak Sawit Indonesia-Uni Eropa Akan Diselesaikan Lewat WTO

Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik 15 sen atau 0,3 persen, menjadi diperdagangkan di 55,78 dolar AS per barel. Minyak mentah WTI turun lebih dari tujuh persen dan Brent turun lebih dari enam persen sepanjang minggu lalu.

"Turunnya permintaan global dan meningkatnya persediaan AS telah membantu mengubah grafik minyak sangat bearish, tetapi itu mungkin tidak berlangsung lama karena ketegangan tetap tinggi di Teluk Persia," ujar analis pasar senior OANDA New York, Edward Moya dikutip Antara.

Eksplorasi minyak (Foto capture txprobatelitigation.com)

Badan Energi Internasional (IEA) tidak memperkirakan harga minyak naik secara signifikan karena permintaan melambat. "Dan ada kelebihan pasokan di pasar minyak mentah global," kata Direktur Eksekutif IEA, Fatih Birol.

Baca Juga: SKK Migas Cari Investor Garap 74 Cekungan Berisi Minyak dan Gas

Sementara, IEA mengurangi perkiraan pertumbuhan permintaan minyak 2019 menjadi 1,1 juta barel per hari dari 1,2 juta barel per hari, karena ekonomi global yang melambat. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH