Kapal Pengawas Perikanan Berhasil Menangkap Delapan Kapal Ilegal Fishing Menteri Susi Pudjiastuti menggelar konferensi pers di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat (Foto: MP/Yohanes Abi)

Kapal Pengawas Perikanan PSDKP Hiu Macan Tutul 401 dan Hiu Macan 306 berhasil menangkap delapan kapal ilegal milik warga kebangsaan Filipina yang melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia. Penangkapan dilakukan pada tanggal 22-26 September di Laut Sulawesi bagian Utara.

Selain dituduh telah melakukan pencurian ikan, PSDKP Bitung juga menemukan pelanggaran hukum lainnya. Pasalnya dari delapan kapal, terdapat dua kapal yang berbendera Indonesia namun memakai ABK berkebangsaan Filipina dengan KTP Indonesia.

"Disitu ada 11 ABK yang menggunakan e-KTP yang dikeluarkan dinas catatan sipil Kota Bitung, 10 ABK menggunakan KTP yang dikeluarkan dinas catatan sipil Bolaang Mongondow Timur dan satu ABK menggunakan KTP yang dikeluarkan dinas catatan sipil Kota Sorong," ucap Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta Pusat, Rabu (12/10).

Menurut Susi Pudjiastuti, modus penangkapan ikan ilegal dengan menggunakan KTP palsu sebenarnya sudah lama terjadi. Hanya saja, pihaknya masih menunggu waktu yang tepat untuk melakukan penangkapan.

"Perlu diketahui sebetulnya modus ilegal fishing ini sudah terjadi lama. Kita menunggu saat yang tepat untuk melakukan penangkapan. Penangkapan ini melibatkan aparat di daerah," kata Susi Pudjiastuti.(Yni)

BACA JUGA:

  1. Tak Hanya Jokowi, Ongen Juga Hujat Susi Pudjiastuti
  2. Susi Pudjiastuti: Potensi Investasi Kelautan dan Perikanan di Luar Jawa Lebih Besar
  3. Setahun Jadi Menteri KKP, Susi Pudjiastuti Buat Gaduh
  4. Susi Pudjiastuti Kecewa Anggaran KKP 2016 Dipangkas Rp2 Triliun
  5. Susi Pudjiastuti: Kita Enggak Boleh Kalah dengan Mafia

 

 

 

 



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH