Kanye West Calonkan Diri Jadi Presiden AS Dikabarkan akan mencalonkan diri sebagai Presiden AS. (Foto ABC News)

MENGEJUTKAN. Rapper Amerika Serikat Kanye West tiba-tiba memutuskan terjun ke dunia politik. Tak tanggung-tanggung, ia mengungkapkan akan mencalonkan diri sebagai Presiden AS dalam Pemilihan Umum 2020. Pengumuman itu disampaikan melalui akun Twitter miliknya pada Sabtu (4/7).

“Kita semua harus menyadari janji Amerika percaya kepada Tuhan, menyatukan visi, dan membangun masa depan. Saya akan mencalonkan diri menjadi Presiden AS,” ujar pemilik brand Yeezy tersebut disertai dengan tagar #2020VISION.

BACA JUGA:

Lewat Seni Kenalkan Komunitas Transgender

Cicitan itu mendapat tanggapan dari pemilik perusahaan Tesla, Elon Musk. “Kamu mendapat dukungan penuh dariku,” kata Musk.

Tak jelas apakah pernyataan West itu serius atau tidak. Pasalnya, pemilu AS tinggal empat bulan lagi. Tidak mengherankan jika tanggapan skeptis muncul. Banyak yang bertanya-tanya apakah sebetulnya ia sudah menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk jadi kandidat. Batas waktu untuk kandidat independen pada pemilu belum terlampaui di banyak negara bagian.

Ini bukan kali pertama West menyatakan ingin mencalonkan diri sebagai presiden. Pada November 2019, ia menyatakan akan mencalonkan diri pada Pemilu 2024 mendatang. Ia bahkan berjanji menciptakan lebih banyak peluang pekerjaan. West juga pernah menyampaikan hal sama dalam pidato di MTV Awards 2015.

View this post on Instagram

Yeezy X Tesla ???????? #kanyewest #elonmusk

A post shared by Kanye West (@kanyew.est) on

“Seperti yang sudah mungkin kamu duga saat ini, pada 2020 saya telah memutuskan akan mencalonkan diri sebagai presiden,” ujarnya saat itu, sperti dikutip Variety.

Laman resmi Kanye West tidak menampilkan informasi tentang pemilihan presiden pada cicitannya itu. Begitu juga di akun Instagram-nya yang baru-baru ini mengunggah foto bersama Elon Musk.

kanye west
Bisnisnya tengah bersemi. (foto: Instagram @kanyew.est)

Mengutip Antara, Kanye West ialah sosok yang mendukung Donald Trump. Pada akhir 2018, ia sempat mengumumkan akan menjauh dari politik. Tidak lama setelah itu, ia kembali mencicitkan serangkaian dukungan kepada Trump. Ia terlihat mengenakan topi khas dengan aksen Make America Great Again di Gedung Putih.

Di luar politik, bisnis West tengah bersemi. Baru-baru ini, juga menjalin kerja sama dengan Gap selama 10 tahun mendatang. Suami Kim Kardashian itu menuliskan, 'YEEZY AND GAP FORM PARTNERSHIP #WESTDAYEVER' di samping logo dari kemitraan yang akan datang bersama Gap. Kolaborasi itu juga mengingatkan West bahwa ia pernah bekerja untuk Gap ketika masih remaja dan tumbuh dewasa di Chicago. (and)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH