Kangen Masa Kecil? 6 Cara Sederhana Ini Bisa Mengingatkanmu Kembali Ada banyak cara untuk mengingat kembali masa kecilmu. (Foto: YouTube/NIZAR F 02)

BANYAK momen masa kecil yang tentu memiliki kenangan tersendiri bagi setiap orang. Berbagai hal yang dilakukan untuk mewarnai hari-hari, sebelum adanya internet dan gadget yang sekarang ini asyik kita gunakan. Beban yang kita miliki juga tak serumit sekarang ketika sudah dewasa. Kita akan menangis ketika tidak mendapatkan mainan impian, sesederhana itu. Masa kecil juga masa ketika kita tidak mengenal malu, polos, dan tidak penasaran akan banyak hal.

Hari-hari ketika masih kecil hanya diisi dengan tidur, makan, bermain, menangis, manja, sekolah, hingga belajar. Ketika itu, kita juga sering diajak orangtua untuk pergi dan kemudian diperkenalkan ke sanak saudara. Masih banyak lagi kenangan yang membuat kita bernostalgia ketika memikirkannya kembali. Kangen dengan masa-masa itu? Simak enam cara sederhana di bawah ini untuk mengingat kembali masa kecilmu.

Baca juga:

5 Film Terpopuler Tahun 2000an yang Masih Bikin Baper



1. Membuka album foto lama

Kangen Masa Kecil? 6 Cara Sederhana Ini Bisa Mengingatkanmu Kembali
Kamu bisa melihat foto masa kecilmu lewat album foto. (Foto: Pixabay /armoluk)

Cobalah sempatkan waktu untuk membongkar isi lemari dan mengingat kembali dimana kamu menyimpan album foto lamamu. Kamu akan melihat wajahmu ketika masih kecil, saudara, bahkan teman semasa kecilmu dulu.

Bolak-balik halamannya perlahan dan liat satu per satu foto tersebut. Kamu juga bisa mengajak anggota keluarga untuk melihat bersama album foto penuh kenangan itu. Cara ini bisa mengingatkanmu kembali masa kecilmu dulu.

2. Mendengarkan lagu favorit

Kangen Masa Kecil? 6 Cara Sederhana Ini Bisa Mengingatkanmu Kembali
(Coba putar kembali lagu yang menjadi favoritmu ketika kecil. Foto: Pixabay/rinfoto0)

Ketika kamu sedang sendiri atau mungkin sedang beraktivitas, tidak ada salahnya untuk memutar kembali lagi favoritmu semasa kecil. Tentunya kamu akan lupa-lupa ingat liriknya ketika menyanyikan lagu tersebut.

Kamu mungkin juga akan teringat seseorang yang pernah bermain bersamamu atau pernah dekat ketika mendengarkan lagu tersebut.

3. Menginap di rumah kakek nenek

Kangen Masa Kecil? 6 Cara Sederhana Ini Bisa Mengingatkanmu Kembali
Luangkan waktu untuk menginap di rumah kakek nenek. (Foto: Pixabay/TaniaVdB)

Pada kesempatan tertentu seperti saat libur hari raya, ini menjadi momen bagus untuk menginap di rumah kakek dan nenekmu. Akan lebih seru lagi jika keluarga besarmu berkumpul dan menginap di sana.

Kamu minta ceritakan kakek atau nenek seperti apa masa kecilmu dulu. Mereka pasti lebih tau mulai dari sikap nakalnya, ngambek, dan hal lain yang kita lakukan semasa kecil.

Biasanya, di rumah eyang akan dipajang foto-foto lama yang juga bisa membuatmu bernostalgia. Tak hanya sekedar bercerita, kamu bisa memanfaatkan momen langka seperti ini untuk berkumpul dengan mereka.

Baca juga:

Nostalgia Lewat Video Game Era 90an

4. Pergi ke tempat favoritmu

Kangen Masa Kecil? 6 Cara Sederhana Ini Bisa Mengingatkanmu Kembali
Kunjungi tempat favorit semasa kecilmu dulu. (Foto: Pixabay/The_dinga)

Jika kamu pergi ke kampung halaman, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat yang sering kamu kunjungi semasa kecil. Seperti sawah, lading, pantai, sekolah, dan tempat lainnya.

Ajak juga orangtuamu atau kakek nenek agar mereka bisa menceritakan apa saja yang pernah kamu lakukan ketika di tempat itu. Hal sederhana ini pasti membuatmu teringat bagaimana masa kecilmu dulu.

5. Kumpul bersama teman lama

Kangen Masa Kecil? 6 Cara Sederhana Ini Bisa Mengingatkanmu Kembali
Kumpul bersama dengan teman semasa kecil. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Cobalah cari kontak teman lamamu dan buatlah semacam reuni kecil-kecilan, mengajak teman dekatmu saat masih sekolah atau sepermainan. Pastinya mereka sekarang sudah dewasa dan kamu akan penasaran seperti apa mereka sekarang.

Apakah ada perubahan atau tetap sama saja? Rasa penasaran ini akan terjawab jika kamu bertemu dengan mereka. Kamu bisa membahas tentang masa kecil saat berkumpul, bermain bersama, atau mungkin bercerita tentang kesibukan saat ini dan rencana masa depan.

6. Nonton film

Kangen Masa Kecil? 6 Cara Sederhana Ini Bisa Mengingatkanmu Kembali
Petualangan Sherina, salah satu film masa kecil yang legendaris. (Foto: YouTube 2011saja)

Cara ini juga bisa membuatmu mengingat masa-masa kecil dulu. Seperti film Joshua Oh Joshua, Petualangan Sherina, Garuda di Dadaku, Home Alone, Casper, Power Rangers, Shaolin Popey, dan film jadul lainnya.

Ajak keluarga atau pasangan untuk menonton bersama. Selain bernostalgia, kamu juga bisa menceritakan kepada mereka tentang apa yang kamu rasakan ketika menonton film tersebut. (and)

Baca juga:

5 Seri Anime Jepang 90an yang Masih Berlanjut Hingga Kini



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH