Headline

Kang Hasan: Pendidikan Karakter Penting untuk Bentuk Moralitas Anak

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 03 Maret 2018
Kang Hasan: Pendidikan Karakter Penting untuk Bentuk Moralitas Anak
TB Hasanuddin (kanan) saat diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/4). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.Com - Pendidikan karakter bagi sebagian orang mungkin masih dianggap abstrak dan belum mendesak. Melalui pendidikan karakter justru bisa menguatkan moralitas dan membentuk budi pekerti.

Hal ini disampaikan Dewan Pangaping Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Tubagus Hasanuddin atau Kang Hasan. Menurut Kang Hasan pendidikan karakter merupakan dapat menguatkan moralitas bangsa yang sudah mengalami kemundurun di era global saat ini.

"Oleh karena itu, saya menekankan pentingnya pendidikan berkarakter yang harus ditanamkam terhadap generasi bangsa sejak dini," kata Kang Hasan saat menjadi pembicara pada kegiatan Seminar Nasional Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Keterampilan Abad ke 21 di STKIP Pasundan Cimahi, Sabtu (3/3).

Dia mengatakan mengaplikasikan pendidikan karakter secara langsung tidak hanya teori dan pendidikan karakter juga meminimalkan kecenderungan degradasi moralitas, etika, dan budi pekerti.

Kang Hasan yang juga merupakan Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut dua ini mengatakan, penguatan pendidikan karakter di era globalisasi harus dibarengi dengan cara berpikir kritis yang disampaikan secara santun serta berpikir kreatif.

Oleh karena itu, kata Kang Hasan sebagaimana dilansir Antara, generasi bangsa mampu menciptakan kemandirian di segala bidang.

"Jadi kecakapan berkomunikasi dan kerja sama dalam pembelajaran untuk menguatkan pendidikan karakter di abad ke 21 itu juga sangat penting," ujar dia.

Menurut dia, para tenaga pendidik khususnya di Jawa Barat mempunyai tantangan besar dalam penguatan pendidikan berkarakter.

"Pembinaan Karakter kita masih belum maksimal, untuk para tenaga pendidik, mari kita perbaiki bersama," pungkas Tubagus Hasanuddin.(*)

#TB Hasanuddin #Pendidikan Karakter #Suku Sunda
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan