Kang Hasan: Hadapi Ancaman Intoleransi, Masyarakat Harus Perkokoh Pancasila

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 01 Juni 2018
Kang Hasan: Hadapi Ancaman Intoleransi, Masyarakat Harus Perkokoh Pancasila
TB Hasanuddin (Foto: Twitter TB Hasanuddin)

MerahPutih.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan, mengatakan Pancasila merupakan idelogi yang menjadi dasar negara Indonesia.

Namun akhir-akhir ini, ada kelompok atau golongan tertentu, yang ingin menghancurkan Pancasila melalui paham radikalis, menimbulkan kekacauan dan intoleransi di nusantara.

Purnawirawan Jenderal TNI AD itu menyampaikan, ditengah rongrongan kelompok tertentu terhadap ideologi Pancasila, peringatan lahirnya Pancasila harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperkokoh lima dasar yang menjadi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

"1 Juni adalah momentum untuk mengembalikan spirit kebangsaan dan kenegaraan kebangsaan berdasarkan Pancasila," tegas Jenderal Bintang Dua itu, di Bandung Jawa Barat (1/6).

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat TB Hasanudin (kiri) dan Anton Charliyan. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Pria yang sudah malang melintang di dunia kemiliteran tersebut menegaskan, seluruh elemen masyarakat serta aparatur negara harus terus bersatu melawan paham yang berpotensi menghancurkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurutnya, Pancasila sudah mencakup seluruh aspek kehidupan bernegara yang berketuhanan, berkeadilan serta cinta terhadap sesama.

"Paham yang bertentangan dengan pancasila harus kita lawan, dan itu tanggungjawab kita semua sebagai rakyat Indonesia," tegasnya

Oleh karenanya, Mantan Anggota Komisi I DPR RI itu, mengajak masyarakat untuk turut memantau pergerakan paham yang bertolak belakang dengan Pancasila, yang menyebar di masyarakat, melalui kerjasama dengan aparat keamanan.

"Kalau ada paham radikala atau semacamanua laporkan, itu pentingnya agar Pancasila tetap terjaga, dan negara tetap aman dan tentram," pungkasnya. (Pon)

#TB Hasanuddin #Pancasila
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan