Kang Emil: Harus Hadirkan Kopi Jawa Barat Kopi ikut menjadi bagian dari kemeriahan sektor pariwisata. (Foto: Pexels/Janko Ferlic)

KOPI memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke tak pernah ketinggalan menyeruput minuman ini. Apalagi saat ini kafe yang menyajikan kopi enak adalah buruan setiap orang.

Berangkat dari situlah, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, ingin melihat kafe-kafe yang tumbuh di Jawa Barat menghadirkan kopi yang berasal dari tanah Pasundan itu.

ridwan kamil
Ridwan Kamil mendorong kopi Jawa Barat untuk muncul. (Foto: MP/Mauritz)

"Kopi di Jawa Barat ini sangat banyak, hanya butuh kekompakan, koordinasi, hingga kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Jangan sampai kafe yang ada di Jawa Barat ini mayoritas kopinya datang dari luar Jawa Barat," ucapnya.

Untuk menghadirkan kopi dengan kualitas terbaik, kata Emil, pihaknya bekerja sama dengan Specialty Coffee Association dan Sekolah Kopi. Hal ini dilakukan agar kopi Jawa Barat bisa bersaing dengan kopi dari daerah lain di Indonesia, bahkan dunia.

"Karena proses untuk menjadi kopi yang baik itu prosesnya panjang. Mulai dari bibit, cara menanam, cara mengambil, cara meroasting, dan seterusnya sampai akhirnya menjadi kopi yang bisa diminum ini, (prosesnya) panjang," ucapnya.

ridwan kamil
Kopi Jawa Barat harus ada dalam setiap menu di kafe. (Foto: MP/Mauritz)

Kang Emil, demikian akrabnya Ridwan Kamil disapa, melihat bahwa kopi sudah menjadi bagian dari wisata di Jawa Barat umumnya dan Kota Bandung khususnya. Seiring dengan kemauan Kang Emil maka terdapat Etalase Kopi Jawa Barat yang menghadirkan sepuluh jenis kopi terbaik di Jawa Barat. Etalase ini berada di bawah bendera Paberik Kopi Upnormal Coffee Roaster yang berada di kawasan Cihampelas, Bandung.

Tempat tersebut sangat cocok bagi mereka yang ingin mendapat informasi proses produksi kopi atau hanya menikmati kopi terbaik Jawa Barat. (*)

Laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Kredit : mauritz

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH