Kandungan Berbahaya dalam Udara yang Tercemar WHO mengatakan bahwa polusi udara membunuh sekitar tujuh juta orang setiap tahunnya. (Foto: Freepik/Master1305)

POLUSI udara di beberapa kota di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Melansir Data IQAir pada pagi hari ini Senin (4/9/2023) pukul 06.00 WIB kualitas udara di Jakarta mulai membaik dari status tidak sehat menjadi sedang dengan indeks kualitas udara AQI US 95 dan polutan utama PM2.5.

Konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 6,6 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO. Cuaca kota Jakarta pagi ini beberapa awan dengan suhu 24 derajat celcius, kelembapan 62%, angin 11,1 hm/h dan tekanan 1.012 mbar.

Kota lainnya seperti Mempawah, Kalimantan Barat pun masuk dalam 10 kota berpolusi dan tidak sehat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa sembilan dari sepuluh orang secara rutin menghirup udara dengan tingkat polusi yang berbahaya. Polusi udara membunuh sekitar tujuh juta orang setiap tahunnya.

Lalu, apa saja kandungan berbahaya dalam polusi udara?

Baca juga:

Buat Kompos, Kontribusi Sederhana untuk Kurangi Polusi Udara

polusi udara
Setengah populasi dunia kini tinggal di lingkungan perkotaan dan kerap bepergian di kawasan padat. (Foto: Freepik/Teksomolika)

1. Partikel Polutan

PM10 disebut mengancam kesehatan tubuh karena bisa masuk ke paru-paru lewat saluran pernapasan dan terkumpul di sana. Sedangkan PM2,5 disebut memiliki risiko kesehatan yang lebih besar.

Ukuran partikel yang tak lebih besar dari sehelai rambut membuat PM2.5 bisa masuk jauh ke paru-paru. Ini dapat menyebabkan alergi, infeksi bakteri di paru-paru, hingga mengidap kanker.

2. Karbon Monoksida (CO)

Karbon monoksida (CO) biasanya dilepaskan ketika sesuatu sedang terbakar. Sumber CO terbesar ke udara terbuka adalah mobil, truk, dan kendaraan atau mesin lain yang membakar bahan bakar fosil.

Bila terhirup, CO dapat menyebabkan pusing dan mual. Dalam kadar yang tinggi, CO dapat membuat pingsan bahkan meninggal dunia.

3. Nitrogen Dioksida (NO2)

Salah satu komponen yang memengaruhi kualitas udara dan gas beracun. Sumber pencemarannya berasal dari aktivitas kendaraan bermotor, industri, dan rumah tangga.

Dalam jangka panjang, seseorang yang sering menghirup Nitrogen Oksida dapat batuk-batuk sampai asma. Bila NO2 ini terkena hujan maka air hujan akan berubah menjadi asam sulfat.

4. Timah Hitam (Pb)

Jenis polutan berbahaya yang biasanya dikeluarkan oleh kendaraan bermotor. Pb saat ini menjadi salah satu penyumbang pencemaran udara yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Penggunaan Pb biasanya terdapat di industri kimia, baterai, keramik, dan cat. Selain itu, timah hitam juga dapat berasal dari hasil pembakaran bahan bakar bensin dalam berbagai senyawa Pb.

Pb adalah bahan toksik yang mudah terakumulasi dalam organ manusia dan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan berupa anemia, gangguan fungsi ginjal, gangguan sistem saraf, otak, dan kulit.

5. Sulfur Dioksida (SO2)

Gas polutan yang banyak dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil yang mengandung unsur belerang seperti minyak, gas, batubara, dan kokas. Serupa karbon monoksida, gas SO2 sulit dideteksi karena tidak berwarna.

Paparan SO2 jangka pendek ke manusia dapat menyebabkan efek yang membahayakan fungsi pernapasan, khususnya bagi mereka yang menderita asma. Sedangkan, paparan jangka panjang dapat mengganggu fungsi paru-paru, penyakit pernapasan, dan dalam kadar tertentu bisa menyebabkan iritasi tenggorokan.

Baca juga:

Air Purifier, Kawan Halau Polusi Udara

polusi udara
Polusi udara mengakibatkan terganggunya kesehatan, kemampuan seseorang untuk membuat keputusan, dan masalah kesehatan jiwa. (Foto: Freepik/Lifestylememory)

6. Gas Amonia

Gas yang tidak berwarna dan menimbulkan bau yang sangat kuat. Amonia dapat bertahan kurang lebih satu minggu di udara. Gas ini terpajan melalui pernapasan dan dapat mengakibatkan iritasi yang kuat pada sistem pernapasan.

Gejala akibat terpapar amonia tergantung pada jalan terpaparnya, dosis, dan lama pemaparannya. Gejalanya antara lain mata berair dan gatal, hidung iritasi, gatal dan sesak, iritasi tenggorokan, kerongkongan, dan jalan pernapasan terasa panas, kering, serta batuk-batuk.

7. Hidrokarbon (HC)

Senyawa karbon yang hanya tersusun dari atom hidrogen dan atom karbon. Banyak ditemukan dalam minyak tanah, bensin, gas alam, plastik, dan lain-lain.

Hidrokarbon berbahaya bagi makhluk hidup dalam konsentrasi ppm tertentu. Pengaruhnya bisa berupa iritasi, lemas, pusing, berkunang-kunang, dan lain sebagainya.

8. Hidrogen Sulfida (H2S)

Gas tidak berwarna, sangat beracun, mudah terbakar, dan memiliki karakteristik bau telur busuk. Gas H2S dengan cepat diserap oleh paru-paru.

Dalam konsentrasi rendah, hidrogen sulfida dapat menyebabkan iritasi mata, hidung, atau kerongkongan. Bahkan dapat terjadi kesulitan pernapasan pada penderita asma. Konsentrasi lebih tinggi dari 500 ppm dapat mengakibatkan hilangnya kesadaran dan mungkin kematian.

Itulah polutan-polutan berbahaya yang mengganggu kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya. Kita harus sadar pentingnya menjaga kebersihan udara agar tercipta kualitas hidup yang lebih sehat dan baik. (dgs)

Baca juga:

Sebaiknya Pakai Masker dalam Kondisi Polusi Udara

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Cara Siapkan Tabungan untuk Anak
Hiburan & Gaya Hidup
5 Cara Siapkan Tabungan untuk Anak

Pentingnya mempersiapkan tabungan untuk anak.

Zoonosis, Penularan Sakit dari Hewan ke Manusia
Fun
Zoonosis, Penularan Sakit dari Hewan ke Manusia

zoonosis ini disinyalir dapat menjadi masalah bagi kesehatan masyarakat.

Artificial Intelligence Dapat Deteksi Tanda Awal Kanker Paru-Paru
Fun
Artificial Intelligence Dapat Deteksi Tanda Awal Kanker Paru-Paru

Alat itu terbukti dapat memprediksi secara akurat apakah seseorang akan terkena kanker paru-paru.

Threads vs Twitter, Ini Perbedaannya
Fun
Threads vs Twitter, Ini Perbedaannya

Threads tawarkan fitur Twitter dengan beberapa kelebihan.

Intip Detail Menarik Samsung Z Flip 5 Terbaru
Hiburan & Gaya Hidup
Intip Detail Menarik Samsung Z Flip 5 Terbaru

i meliputi flex window berukuran 3,4 inci yang dirancang untuk ekspresi diri.

Duo Elektronik Jeslla Lepas EP 'Spoken'
ShowBiz
Duo Elektronik Jeslla Lepas EP 'Spoken'

Jeslla lepas mini album kedua.

Belanja Hemat Furnitur Rumah Akhir Tahun
Fun
Belanja Hemat Furnitur Rumah Akhir Tahun

IKEA siapkan berbagai perabot berkualitas

Syuting Bareng Suzy di 'Doona!', Yang Se-Jong Rasakan Sensasi Rumit
ShowBiz
Syuting Bareng Suzy di 'Doona!', Yang Se-Jong Rasakan Sensasi Rumit

Ia memang sering memiliki perasaan-perasaan yang aneh saat akting bareng aktor atau aktris lain.

Jeffry Jouw Bagikan Tip Investasi Sneakers
Fashion
Jeffry Jouw Bagikan Tip Investasi Sneakers

Beberapa sneakers memiliki harga yang tinggi untuk dijadikan investasi.

Urusan Bikin Mantan Cemburu, 4 Zodiak ini Jagonya
Fun
Urusan Bikin Mantan Cemburu, 4 Zodiak ini Jagonya

Zodiak yang paling jago bikin mantan cemburu.