Kandank Jurank Doank, Wisata Edukasi Gratis di Alam Terbuka (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansyah)

MerahPutih Wisata - Bicara tentang sekolah alam, tentu yang akan terlintas di pikiran adalah masalah biaya yang tinggi. Meski demikian, tidak halnya dengan sekolah alam Kandank Jurank Doank yang sejak awal berdiri hingga sekarang, tetap berjalan tanpa ada pemungutan biaya sedikit pun.

Ihwal tersebut dilakukan oleh sang perintis, Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denada Kusuma atau yang akrab disapa Dik Doank karena kecintaannya terhadap dunia sosial telah mendarah daging sejak lama.

"Ketika awal berdiri pada tahun 1993, Kandank Jurank Doank (KDJ) sudah gratis. Itu memang sudah cita-citanya dari dulu," ucap Andi (31) di Kandank Jurang Doank Jalan Komplek Pondok Sawah Indah (Alvita). Blok Q No. 14. Ciputat, Tangerang, Kamis (7/1).

Kegiatan itu, sontak mengundang perhatian warga sekitar untuk membawa anak-anaknya guna mendapatkan pendidikan gratis yang digelar KDJ setiap harinya.

Pelajaran itu, tambahnya, seperti belajar menggambar, bermain biola, gitar, olah vokal, menari. "Belajar setiap hari. Mungkin seperti ekskul. Di sini kami memberikan pelajaran yang berkaitan dengan seni, musik, dan pelajaran lain, selain pendidikan formal," tambahnya.

Adapun jadwal kegiatan belajar mengajar seperti yang dijelaskan Andy dimulai dari jam setengah empat sore hingga menjelang malam. Sedangkan untuk peralatan menggambar, semuanya telah disiapkan pihak KDJ dengan para pengajar yang mumpuni di bidangnya. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Yuk, Tambah Wawasan Anak Didik Dengan Rekreasi Edukatif
  2. Wisata Pemakaman Bergaya Eropa di Jakarta
  3. Nikmatnya Wisata Malam Yogyakarta di Bukit Bintang
  4. Nikmati Wisata Offroad di Megamendung Bersama JSI Resort
  5. Wisata Malam di Museum Jakarta Ditiadakan


Ana Amalia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH