Kamu Sering Lapar saat Bekerja di Kantor? Bisa Jadi ini Alasannya Kamu pernah ngalamin ini gak? (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)

WAKTU di mana kamu makan siang belum lama berlalu, tapi kamu sudah kembali merasa lapar. Hal ini seringkali terjadi pada pekerja kantoran, kamu salah satunya?

Menurut data dari Centre for Disease Control and Prevention Amerika, mereka menemukan bahwa rata-rata orang mengonsumsi sekitar 1.300 kalori dari makanan seperti pizza, soda, kue, biskuit dan makanan lainnya diluar jam makan.

Dalam artian seseorang yang bekerja di kantor lebih sering menyantap cemilan di luar jam makan. Oleh karena itu, tidak heran jika orang akan mudah lapar meskipun baru saja makan siang.

Rasa lapar yang di alami merupakan salah satu faktor utama hilangnya konsentrasi saat sedang bekerja. Berikut merupakan lima faktor mengapa seseorang mudah lapar waktu kerja:

1. Bosan

Alasan Sering Lapar saat Bekerja di Kantor
Bosan membuat orang mudah lapar (Foto: videoblocks.com)


Salah satu alasan mengapa seseorang mudah lapar padahal sudah menyantap makan siang adalah karena bosan.

Saat di kantor seseorang menghabiskan waktu seharian menghadap layar komputer yang seringkali membuat jenuh. Ketika kejenuhan tersebut melanda, menggiring kita untuk makan secara tidak sengaja.

Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan mengatur jam makan secara teratur dan menjauhkan cemilan di sekitar.

2. Makan di depan komputer

Alasan Sering Lapar saat Bekerja di Kantor
Makan di depan komputer membuat lebih mudah lapar (Foto Pixabay/rawpixel)


Sebuah studi yang dilakukan oleh Appepite, menghasilkan bahwa mereka yang makan siang sambil menonton televisi cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori.

Sama halnya dengan menyantap makanan di depan komputer, akan membuat seseorang lebih mudah merasa lapar nantinya. Itulah yang menyebabkan seseorang memiliki jam makan yang buruk.

3. Haus

Alasan Sering Lapar saat Bekerja di Kantor
Biasakan untuk minum 1-1.5 liter saat di kantor (Foto: Pixabay/congerdesign)


Rasa haus yang melanda tubuh sering memberikan sinyal yang membingungkan bagi tubuh dan ditangkap sebagai sinyal lapar, padahal kondisi tersebut mengindikasikan seseorang sedang dehidrasi.

Orang dewasa setidaknya membutuhkan dua liter air perhari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih agar kamu tidak memiliki dehidrasi palsu.

4. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis

Alasan Sering Lapar saat Bekerja di Kantor
Hindari makan manis saat lapar di kantor (Foto: Pixabay/RitaE)


Semakin banyak kamu mengonsumsi makanan manis di pagi hari, akan semakin mudah kamu lapar nantinya.

Oleh karena itu, hindari mengonsumsi kopi, teh manis, roti dengan selai, maupun makanan manis lainnya dan ganti dengan perbanyak makan sayur dan buah tanpa pemanis lainnya.

5. Ruangan dingin

Alasan Sering Lapar saat Bekerja di Kantor
Suasana dingin di kantor bisa jadi pemicu lapar (Foto: ebay.com)


Rata-rata kantor memfasilitasi suatu ruangan dengan pendingin ruangan (AC). Ruangan yang dingin merupakan salah satu faktor mengapa kamu sering lapar.

Rasa lapar saat udara dingin dipicu oleh perubahan suhu tubuh, Karena tubuh akan berusaha menormalkannya.

Untuk menormalkan suhu tubuh tersebut, dibutuhkan bahan bakar atau energi yang besar. Karena itu, seseorang akan lebih mudah lapar saat berada di udara dingin.

Solusi yang bisa kamu gunakan yaitu saat lapar melanda coba ganti makanan yang kamu santap, misalnya dengan sayur, maupun makanan rendah kalori. (ver)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH