Kamu Mungkin Pernah Mendengar Mitos-Mitos Tentang Makanan Ini saat Kecil Mitos seputar makanan masih dipercaya sampai saat ini. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

INDONESIA merupakan negara yang sarat akan budaya dan tradisi. Tiap daerah bahkan memiliki bahasanya sendiri. Tak heran banyak kepercayaan dan mitos yang melekat dalam hidup masyarakat bahkan diturunkan sampai zaman modern ini.

Umumnya mitos dikaitkan dengan hal-hal yang tidak bisa diterima dengan logika. Tetapi jika dicermati lebih jauh sebenarnya ada ada pesan moral dibaliknya. Orangtua tidak semata-mata membuat cerita konyol yang membodohi anaknya. Mitos biasa digunakan oleh orangtua untuk mengontrol sikap dan mengajari nilai-nilai moral. Sehingga seseorang akan tumbuh menjadi sosok yang berbudi baik.

Baca juga:

Hindari Memboroskan Bahan Makanan, Sayuran Layu masih Layak Konsumsi Loh

Melansir dari berbagai sumber, setidaknya ada beberapa mitos seputar makanan yang masih melekat hingga saat ini. Beberapa mitos berikut bahkan masih populer di era modern. Penasaran apa saja? Yuk lihat ulasannya.

1. Nasi Menangis

Kamu Mungkin Pernah Mendengar Mitos Tentang Makanan Ini saat Kecil
Nasi akan menangis jika tidak dihabiskan. (Foto: Pixabay/juemi)

Hampir semua ibu menggunakan mitos ini sebagai trik agar si kecil mau menghabiskan makanannya. Anak kecil memang sulit diterka. Kamu bisa dibuat pusing perkara asupan gizi. Karena mereka mudah bosan dengan makanan dan lebih memilih main ketimbang mengisi perutnya.

Tetapi kalau ibu sudah bilang nasinya akan menangis jika tak habis, biasanya anak langsung buru-buru menghabiskan karena merasa kasihan atau mungkin takut.

2. Memasak Terlalu Asin

Kamu Mungkin Pernah Mendengar Mitos Tentang Makanan Ini saat Kecil
Orang yang masak telalu asin diduga kebelet kawin. (Foto: Pixabay/andreas160578)

Nah kalau mitos yang satu ini sangat populer di tengah masyarakat. Terutama untuk mereka yang masakannya terlalu asin. Biasanya yang makan akan protes dengan mengatakan, “Duh! asin banget, kamu kebelet kawin ya?”. Tidak ada bukti hubungan makanan asin dengan ‘kebelet kawin’ tetapi mitos ini masih bertahan sampai sekarang.

Baca juga:

Menu Makan Malam Lezat tanpa Bikin Gemuk

3. Jangan Makan Biji Buah

Kamu Mungkin Pernah Mendengar Mitos Tentang Makanan Ini saat Kecil
Biji buah yang tak sengaja tertelan akan tumbuh di dalam tubuh. (Foto: Pixabay/stux)

Waktu kecil kamu pasti sangat takut kalau sedang makan buah kemudian bijinya tak sengaja tertelan. Karena orangtua akan menakutimu dengan cerita biji yang tumbuh menjadi pohon dan keluar melalui mulut dan telinga.

Sebenarnya mitos ini ada agar anak tidak sembarang menelan biji buah. Karena ada biji buah mengandung racun yang sangat mematikan.

4. Ceker Ayam

Kamu Mungkin Pernah Mendengar Mitos Tentang Makanan Ini saat Kecil
Kalau makan ceker ayam tulisannya akan jelek seperti cakar ayam. (Foto: Pixabay/thomaspedrazzoli)

Katanya kalau kamu makan ceker ayam tulisanmu akan jelek seperti cakar ayam. Memang tidak ada hubungan antara keduanya. Tetapi setidaknya mitos ini mampu mempengaruhi hidup anak kecil yang takut tulisannya jelek dan dimarahi guru. (mar)

Baca juga:

Perbaiki Suasana Hati yang Buruk dengan Makanan Bernutrisi


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH