Kamu Lagi Butuh 'Ruang Sendiri', Bagaimana Bilang ke Pasangan? Cara bilang ke pasangan kalau kamu lagi butuh waktu sendiri.(Foto: Unsplash/Taylor Hernandez)

SESUNGGUHNYA dengan adanya pandemi membuat kita memiliki banyak waktu dengan pasangan di rumah. Namun, kesempatan langka ini sudah terlalu lama bahkan berbulan-bulan sampai mungkin membuatmu merasa membutuhkan waktu untuk sendiri.

Nah, jangan takut untuk bilang ke pasangan kalau kamu lagi membutuhkan me time. Dilansir dari Self.com, ada beberapa cara yang perlu dipersiapkan untuk 'menyendiri' sejenak.

Baca Juga:

Ketrampilan Sosial yang Berguna dalam Pergaulan

1. Ruang sendiri

ruang
Melihat arti penting menyendiri untuk diri kita. (Foto: Unsplash/Anthony Tran)


Ketika kita merasa terpenuhi secara emosional dan bahagia, hubunganmu bisa menjadi lebih baik. Nah, untuk mendapatkan kebahagiaan itu terkadang kita butuh waktu untuk diri kita sendiri secara emosional atau fisik. Entah itu dengan berjalan-jalan atau mungkin duduk di ruangan yang sama tanpa ada dialog dengan pasangan? Jangan hanya mengatakan "aku butuh ruang" hal ini cenderung tidak jelas, lebih baik berkata jujur dan spesifik tentang kebutuhun dan apa yang sedang kamu rasakan.

2. Menyendiri bukan berjarak

ruang
Menyendiri bukan berarti memberi jarak emosional. (Foto: Unsplash/Charlie Foster)

Yakinkan pasanganmu dengan menyendiri sejenak bukan berarti kamu menginginkan adanya jarak. Pakar psikologi mengatakan kepada Self bahwa dengan memberikan ruang untuk sendiri bisa menjadi alat untuk mengisi ulang diri kita. Sementara di sisi lain ada orang-orang yang merasa kembali terecharge dengan berada di sekeliling orang lain.

3. Diskusi bukan adu argumen

ruang
Ajak pasangan untuk berdiskusi dengan tenang bukan marah. (Foto: Unsplash/Travis Grossen)

Ketika pasanganmu malah marah atau kesal, perlu diingat lagi bahwa semua orang berhak atas waktu untuk menyendiri. Jadi yang kamu butuhkan hanya tetap teguh pada keinginanmu, tidak perlu berargumen untuk itu. Bisa dengan menjelaskan membutuhkan ruang bukan berarti kamu tidak bahagia, tetapi ini bisa menjadi salah satu untuk mendapatkan hubungan yang lebih baik.

Baca Juga:

Hal Sederhana Ini Ternyata Kunci Hubungan Sehat

4. Sendiri bukan egois

ruang
Jangan menyalahkan perasaan kita bila membutuhkan waktu sendiri. (Foto: Unsplash/Keenan Constance)

Beberapa orang mungkin berpikir dengan memberi ruang untuk sendiri bisa menjadi keinginan yang egois. Jangan merasa bersalah ketika kamu tidak membutuhkan waktu yang lebih untuk menyendiri, bahkan dengan memberikan waktu terpisah dengan pasangan justru membuat hubungan menjadi lebih sehat.

5. Kembali normal

ruang
Rencanakan kembali apa yang ingin dilakukan setelah menghabiskan waktu untuk menyendiri. (Foto: Unsplash/Farsai Chaikulngamdee)

Komunikasi menjadi salah satu kunci, terutama bila pasanganmu menjadi adalah orang yang memiliki rasa kecemasan yang tinggi. Bila dengan mengatakan 'aku butuh ruang' bisa menjadikan mereka semakin cemas, kamu bisa melakukan beberapa perencanaan setelah menghabiskan waktu untuk menyendiri. Seperti kembali bersama di ruang tamu dan menonton film bersama-sama. (ren)

Baca Juga:

Kenapa Sih Kamu Harus Cepat Melupakan Mantan?



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH