Kamu Kesulitan Tidur di Malam Hari? Coba ikuti Tujuh Tips Mudah ini Sulit tidur di malam hari menjadi masalah banyak orang (foto: iStock)

KESIBUKAN akan selalu datang, mau tak mau kita harus hadapi. Namun hal yang mengkhawatirkan adalah mungkin kamu termasuk dalam kelompok orang-orang yang memiliki kurang waktu tidur malam.

Penelitian menunjukkan bahwa kurang waktu tidur bahkan hanya satu malam dapat mengganggu tubuh. Seperti mempengaruhi tingkat hormon yang mengendalikan nafsu makan, membuat kamu kurang fokus, membuat kurang mampu mengendalikan emosi, gampang sakit, dan dapat merusak jaringan otak.

Jadwal tidur malam yang terganggu dikaitkan oleh para ahli kesehatan dengan risiko stroke, kanker, diabetes, dan serangan jantung. Karenanya untuk memperbaiki kondisi yang merugikan tersebut kamu bisa ikuti tujuh cara mudah di bawah ini:

1. Jangan makan terlalu larut malam

makan larut malam
Makan terlalu larut malam berpengaruh pada tidur (foto: dailydodge)

Jadwal makan malam yang terlambat akan mengganggu jadwal tidur yang sehat. Makanan yang berat, berlemak, digoreng atau pedas lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh. Cenderung membuatnya sulit tidur.

Makan terlalu larut malam juga terkait dengan perubahan metabolisme. Ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Usahakan untuk berhenti makan setidaknya tiga jam sebelum jadwal tidur yang kamu inginkan.

Kredit : anandadimas

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH