Wajib Coba, Olahan Ikan Khas Batak Ini saat Berkunjung ke Danau Toba Wajib Banget kamu cobain kalau ke Danau Toba (foto: Instagram @arsik_jakarta)

KALAU berkunjung ke suatu tempat wisata tak elok rasanya jika tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Danau Toba misalnya, yang terkenal akan legenda serta wisata yang asri juga memiliki berbagai makanan khas, terutama makanan khas Batak yang wajib kamu coba.

1. Arsik

Kuliner Khas Danau Toba
Ikan mas jadi bahan utama yang paling sering digunakan (Foto: Instagram @engelineherny)


Arsik adalah satu satu makanan khas khas Batak yang paling sering dijumpai jika ke tempat makan yang menjual makanan khas Sumatra. Makanan ini sendiri berbahan dasar ikan mas, mujair, atau nila.

Ikannya sendiri ternyata di tangkap langsung dari Danau Toba, lo. Ada yang unik dalam masakan arsik ini yaitu menggunakan andaliman yang sangat terkenal di daerah Batak. Andaliman memberikan rasa pedas pada suatu masakan dan sering digunakan untuk makanan khas Batak.

Arsik yang dilengkapi dengan kacang panjang ini merupakan masakan yang selalu ada dalam tadisi Batak. Dalam pengolahannya, ikan yang digunakan tidak dibuang sisiknya dan langsung dilumuri dengan bumbu kuning serta andaliman.


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH