Kamu Gamer Tahun 90an? Mungkin Kamu Pernah Melakukan 5 Hal Ini Mitos yang Membuat Konsol Game Kamu Lebih Cepat Rusak (Foto: Pexels/Jens Mahnke)

DULU susah sekali untuk mencaritahu informasi mengenai dunia game, bahkan dari internet sekalipun membutuhkan biaya yang cukup besar tetapi sumber yang terbilang sedikit. Mencari informasi melalui orang lain menjadi cara untuk mendapatkan tips dan cara untuk memperbaiki sesuatu.

Namun ternyata melakukan hal ini menjadi suatu mitos yang difaktakan dari pakar dunia game. Melansir dari banyak sumber, mungkin kamu pernah melakukan hal ini agar kamu bisa bermain dengan lancar.

Baca juga:

Nostalgia, 5 Game Populer Generasi 90an

1. 999 in 1

Kamu Gamer Tahun 90an? Mungkin Kamu Pernah Melakukan 5 Hal Ini
Lebih Banyak Game Lebih Senang (Foto: Dendy Games)

Rasanya sangat gembira ketika kamu melihat kartrid nintendo dengan banyak game, apalagi jika kamu memiliki bujet yang menipis pada zaman dahulu.

Namun ketika kamu membeli kartrid ini dan mencoba memainkan kartrid ini kedalam konsol nintendo kamu, yang kamu dapatkan hanyalah beberapa game yang sama dengan kuantitas yang cukup banyak.

Faktanya, rata-rata muatan satu game nintendo ternyata dari delapan kilobyte hingga satu megabyte, dan satu kartrid hanya bisa memuat 128 hingga 384 kilobyte di pasaran. Jadi tidak cukup dong untuk memuat ratusan game dengan satu kartrid.

2. Melilit Kabel Stik

Kamu Gamer Tahun 90an? Mungkin Kamu Pernah Melakukan 5 Hal Ini
Lilit Lebih Banyak, Agar Bisa Berfungsi Lagi (Foto: Carousell Black Panther)

Ketika stik kamu tidak bisa membuat karakter kamu bergerak, cara paling ampuh untuk bisa membuat stik ini berfungsi semula adalah dengan cara melilitnya, makin banyak lilitan makin bisa berfungsi tanpa ada kendala.

Jika kamu melakukan hal ini, stik kamu akan cepat rusak lho! Karena melilit kabel bisa membuat serat kabel yang ada di dalamnya menjadi cepat putus.

Apalagi jika kamu melilit kabel cukup keras dan berlawanan arah. Bisa-bisa kamu harus membuang stik kamu dan membeli stik yang baru.

Cobalah untuk memperbaiki stik kamu di beberapa toko elektronik untuk mengatur ulang serat kabel yang menghubungkan antara colokan dengan stiknya.

3. Memiringkan PlayStation

Kamu Gamer Tahun 90an? Mungkin Kamu Pernah Melakukan 5 Hal Ini
Memiringkan PlayStation Agar Bisa Memuat Game Lebih Cepat (Foto: Android Central)

Saat kamu takut akan game yang dimuat oleh PlayStation kamu berjalan cukup lama, ada banyak yang akan kamu lakukan untuk membuat loading menjadi lebih cepat.

Seperti salah satunya adalah memiringkan PlayStation kamu. Tak hanya PlayStation, hampir semua konsol yang menggunakan kaset pada zaman dahulu menggunakan 'ritual' ini agar game bisa memuat lebih cepat.

Baca juga:

Milenial Mungkin Tidak Tahu, 4 Konsol Game Ini Pernah Merajai Dunia

Walaupun banyak yang bilang mitos ini berhasil, namun faktanya memiringkan PlayStation akan membuat gaya yang dihasilkan saat optik sedang membaca akan menjadi lebih sulit, dan kondisi kaset pun menjadi salah satu faktor mengapa game bisa memuat lebih lama. Pemeliharaan mesin pun perlu kamu lakukan agar PlayStation bisa berjalan dengan baik.

4. Memindahkan File Shortcut

Kamu Gamer Tahun 90an? Mungkin Kamu Pernah Melakukan 5 Hal Ini
Memindahkan File Shortcut Agar Bisa Dimainkan Di Rumah (Foto: Pinterest/Shaun Hulme)

Ini pasti sering kamu lakukan ketika kamu ingin memainkan game yang kamu inginkan di komputer kamu. Ketika kamu mendapatkan game bagus yang ada di komputer publik seperti sekolah, kamu mencoba untuk memindahkan file game kedalam tempat penyimpanan game kamu, memindahkan shortcut menjadi hal yang mungkin kamu lakukan untuk bisa memainkan game itu.

Namun hal bodoh yang dilakukan ini ternyata berujung penyesalan. Shortcut adalah sebuah file jalan pintas yang dibuat agar lebih mudah dalam menjalankan program yang ingin kamu jalankan.

Memindahkan shortcut kedalam tempat penyimpanan tidak membuatmu bisa membuka program tersebut dikarenakan program yang ingin kamu jalankan tidak ada dalam komputer kamu.

5. Meniup Kartrid Game

Kamu Gamer Tahun 90an? Mungkin Kamu Pernah Melakukan 5 Hal Ini
Meniup Kartrid Agar Bisa Berfungsi dengan Aman (Foto: Reddit/nintendo)

Kamu akan sangat panik disaat kamu ingin memainkan game nintendo kesukaan kamu, dan yang terpampang di TV adalah sebuah gambar yang hancur ataupun sekedar hitam di layar.

Banyak cara untuk memperbaiki game nintendo ini dan salah satu cara yang dipakai adalah meniup isi kartrid dengan mulut sendiri, dan mengembalikan kartrid kedalam lubang Nintendo.

Faktanya, walaupun meniup kartrid membuat debu bisa keluar dari mesin kartrid, tetapi ludah juga akan masuk kedalam konektor pin yang ada di dalam kartrid, membuat konektor pin kartrid lebih mudah untuk korosif.

Cobalah untuk memakai alat peniup debu ataupun kompresor untuk menghilangkan debu yang ada di konektor pin kartrid, lubang stik, ataupun bagian dalam mesin nintendo kamu. (dnz)

Baca juga:

Yesterday Vision, Konsol Game Klasik Sarat akan Nostalgia



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH