Kampus UI Hentikan Sementara Perkuliahan Tatap Muka Karena Khawatir Corona Universitas Indonesia (foto: twitter @univ_indonesia)

MerahPutih.Com - Universitas Indonesia memutuskan untuk menghentikan kuliah tatap muka lantaran khawatir akan penyebaran virus corona.

Mereka akan menggantinya dengan pembelajaran jarak jauh (PPJ). Keputusan ini berlaku sejak Rabu (18/3) hingga semester genap berakhir.

Baca Juga:

Tekan Penularan Corona, Anies Tutup Tempat Wisata dan Hiburan di Jakarta

"Pedoman penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi COVID-19 akan menjelaskan secara rinci bagaimana format ini diterapkan," tulis UI dalam keterangan resminya, Jumat (13/3).

Selama virus corona merebak UI meniadakan kuliah tatap muka
Universitas Indonesia (Foto: MP/Noer Ardiansyah)

Sedangkan kegiatan praktik seperti praktik laboratorium, praktik klinik, praktik industri, dan praktik di institusi akan tetap dilaksanakan.

Namun, tempat-tempat praktik tersebut harus sudah menerapkan upaya pencegahan penularan corona.

"Pimpinan Fakultas dan Prodi bisa melakukan penjadwalan ulang penyelenggaraan praktik tersebut sesuai dengan perkembangan keadaan," lanjutnya.

Selain itu, KKN dan praktik di lapangan akan ditunda sementara dan diganti dengan metode pembelajaran lain.

Jika tidak bisa ditunda, maka praktik lapangan tersebut harus disertai dengan kewaspadaan dan pencegahan penularan corona.

Baca Juga:

Pasien Penderita Corona yang Sembuh Dipulangkan Sabtu Esok

"Seiring dengan implementasi kuliah jarak jauh, pimpinan UI meminta para mahasiswa di Asrama UI dan rumah kos di sekitar kampus UI untuk segera kembali ke rumah keluarga masing-masing," lanjutnya.

Bagi mahasiswa yang tidak bisa pulang, diwajibkan untuk melaporkan diri ke Kepala Asrama UI dan Manajer Kemahasiswaan Fakultas. Sehingga, kondisi mereka bisa terus dipantau lebih lanjut oleh pihak kampus.(Knu)

Baca Juga:

Pemerintah Dinilai Tak Transparan Soal Penyebaran Corona



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH