Kampus di DIY Wajib Bentuk Satgas Penanganan COVID-19 Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Sejumlah universitas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai melaksanakan kuliah tatap muka. Untuk itu, Pemprov DIY mewajibkan seluruh kampus membentuk Satgas Penanganan COVID-19.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Daerah Istimewa Yogyakarta Noviar Rahmad menjelaskan pembentukan Satgas ini untuk mempermudah pendataan dan pengawasan keluar masuk mahasiswa.

Baca Juga

Ratusan Ribu Guru Honor Dapat Subsidi Gaji Rp600 Ribu

"Kami minta dibentuk satgas COVID-19 di masing-masing perguruan tinggi yang tugasnya juga melakukan pengawasan pelaksanaan protokol new normal seperti pemakaian masker, jaga jarak, cuci tangan di lingkungan kampus," kata Noviar di Yogyakarta, Kamis (17/9).

Satgas ini berperan penting untuk menekan lonjakan kasus Covid-19. Lantaran ujicoba kuliah tatap muka bakal diselenggarakan pertengahan September 2020. Sehingga gelombang mahasiswa diperkirakan akan "menyerbu" Yogyakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Noviar menjelaskan pihaknya juga akan menempatkan personel Satpol PP dikampus untuk mengantisipasi kedatangan mahasiswa.

"Yang dikhawatirkan kalau di antara mereka ada yang tidak menegakkan protokol kesehatan maka DIY akan melonjak lagi kasus positifnya," kata dia.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Prof Dr Didi Achjari mengatakan ada beberapa perguruan tinggi di DIY yang mencoba konsep kombinasi antara perkuliahan secara daring dan tatap muka pada pertengahan September 2020.

"Kalau perkuliahan full seperti perkuliahan normal tidak ada. Tidak ada yang berani karena itu risiko tinggi," kata Didi.

Menurut dia, sebagian besar kampus swasta maupun negeri di DIY telah membentuk satgas penanganan COVID-19 untuk menyiapkan proses transisi.

"Untuk transisi perkuliahan mereka memang butuh tim itu (satgas)," kata dia.

Baca Juga

MPR: Hadirnya PAM Swakarsa Tunjukkan Potensi Ketakutan Masa Lalu

Sejumlah kampus yang sudah menerapkan ujicoba perkuliahan tatap muka sebagian adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). (Teresa Ika/Yogyakarta)

Kredit : patricia


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH