Kampung Melayu Direndam Banjir 1 Meter

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 27 Februari 2023
Kampung Melayu Direndam Banjir 1 Meter
Petugas menyusuri genangan akibat curah hujan tinggi di Kedaung Kaliangke, Jakarta Barat, Jumat (24/2/2023). ANTARA/HO-BPBD DKI

MerahPutih.com - Kali Ciliwung kembali meluap mengakibatkan banjir setinggi satu meter di Kampung Melayu, Jakarta Timur.

"Terjadi di dua RT akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji di Jakarta, Senin.

Baca Juga:

55 RT Jakarta Diterjang Banjir, 26 Jiwa Harus Mengungsi

BPBD DKI mendata hingga pukul 06.00 WIB, total terdapat 24 Rukun Tetangga (RT) Jakarta terdampak banjir dengan ketinggian bervariasi dari 20 centimeter (cm) hingga satu meter.

Ada pun sebaran banjir di Jakarta yakni di Jakarta Barat terdapat 12 RT di Kelurahan Kembangan Utara ada satu RT dengan ketinggian air 30-40 cm.

Kemudian di Kelurahan Tegal Alur ada 3 RT setinggi 20-35 cm, Kelurahan Rawa Buaya ada delapan RT dengan ketinggian 30-60 cm.

Selain di Jakarta Barat, banjir juga melanda Jakarta Timur akibat luapan Kali Ciliwung dan Kali Item yakni sebanyak 10 RT terdampak di antaranya satu RT di Cililitan dengan ketinggian 50-60 cm akibat curah hujan dan luapan Kali Item.

Kemudian di Kelurahan Cawang ada dua RT dengan ketinggian 90 cm akibat luapan Kali Ciliwung, selanjutnya di Kelurahan Bidara Cina ada lima RT dengan ketinggian hingga 90 cm juga akibat luapan Kali Ciliwung dan Kampung Melayu setinggi satu meter di dua RT.

Sebanyak dua RT juga tergenang di Cilandak Timur, Jakarta Selatan dengan ketinggian air 50 cm akibat curah hujan dan luapan Kali Krukut.

"Kami mengerahkan sejumlah personel untuk mengawasi kondisi genangan di setiap wilayah," imbuh Isnawa.

BPBD DKI menggandeng Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dan instansi terkait lain untuk melakukan penyedotan genangan dan banjir.

Selain personel, pihaknya juga mengerahkan ratusan pompa stasioner dan pompa keliling untuk menyedot banjir bekerja sama dengan Dinas SDA DKI.

Sebelumnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (26/02) hingga Senin pagi, menyebabkan kenaikan status siaga Pintu Air Manggarai menjadi siaga tiga atau Waspada.

Kemudian, pintu air lain juga siaga tiga atau waspada yakni Bendung Katulampa, Pintu Air Karet, Pos Angke Hulu, Pos Sunter Hulu. Berdasarkan data BMKG, puncak musim hujan diperkirakan terjadi pada Januari-Februari 2023.

Baca Juga:

Hujan Lebat Sebabkan 11 Ruas Jalan dan 21 RT di Jakarta Terendam Banjir

#Breaking #Banjir #Bencana Alam
Bagikan
Bagikan