Kampung Leluhur Biden di Irlandia Turut Bersukacita

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 09 November 2020
Kampung Leluhur Biden di Irlandia Turut Bersukacita
Capres AS Joe Biden merayaan kemenangannya dalam Pilpres AS di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7/11/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Jim Bourg/foc.

MerahPutih.com - Desa leluhur Joe Biden di Irlandia turun merayakan merayakan kemenangannya bersama Kamal Harris, dalam pemilihan presiden Amerika Serikat, pada Sabtu (7/11).

Kakek buyut Biden, Edward Blewitt, dibesarkan di kota perdagangan lama, Kota Ballina, Irlandia barat, tempat kelahiran Mary Robinson, presiden wanita pertama Irlandia.

Blewitt beremigrasi setelah kelangkaan kentang di Irlandia pada tahun 1840-an ke tempat kelahiran Biden di Scranton, Pennsylvania, kota kembar Ballina.

Baca Juga:

Pidato Kemenangan Biden: Janji Jadi Presiden Kedua Kubu Terpecah Setelah Pilpres

Sebuah lukisan mural besar bergambar Biden telah menghiasi alun-alun kota County Mayo selama berminggu-minggu dan penduduk setempat dikelilingi oleh bendera Amerika dan poster 'Biden / Harris'.

"Mungkin hari terbaik dalam hidup saya," kata Laurita Blewitt, sepupu ketiga yang diundang oleh mantan wakil presiden ke jalur kampanye awal tahun ini dan berada di Gedung Putih ketika Biden menerima Medali Kebebasan (Presidential Medal of Freedom) pada 2017 dari Barack Obama.

"Itu adalah hal terbaik yang pernah ada. Sifatnya yang khas Irlandia sangat melekat padanya dan saya tahu dia akan berkunjung secepatnya dan kami akan sangat senang menyambutnya di sini," ujar Blewitt, yang berbicara dengan saudara laki-laki Biden, Jimmy, tak lama setelah dia dinyatakan sebagai pemenang, dikutip Reuters.

Presiden Amerika Serika terpilih Joe Biden. (Foto: MP/Instagram @joebiden)
Presiden Amerika Serika terpilih Joe Biden. (Foto: MP/Instagram @joebiden)

Saudara laki-laki Blewitt, seorang tukang ledeng yang juga bernama Joe, mendekorasi ulang kendaraan vannya dengan slogan: "Joe Biden untuk Gedung Putih dan Joe Blewitt untuk RUMAH ANDA."

Biden membawa anak-anak dan cucu-cucunya dalam perjalanan resmi ke Irlandia pada 2016 untuk mempelajari lebih lanjut tentang asal-usul Irlandia mereka, yang juga mencakup keluarga di daerah pesisir timur Louth dan hubungan leluhur dengan pemain rugbi Irlandia, Rob dan Dave Kearney.

Baca Juga:

Joe Biden-Kamala Harris, Selebritas Hollywood Gelar Perayaan

Kemenangannya pun disambut hangat oleh pemerintah Irlandia. Biden telah memperingatkan Inggris bahwa mereka harus menghormati perjanjian perdamaian 1998 Irlandia Utara saat meninggalkan Uni Eropa atau tidak akan ada kesepakatan perdagangan AS yang terpisah.

"Dia sangat Irlandia," kata Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin, merujuk pada tradisi yang dimulai Biden dalam menjamu Perdana Menteri Irlandia hari itu untuk sarapan di Hari St. Patrick, di kediaman wakil presiden setiap tahun.

"Irlandia bangga dengan pemilihan Joe Biden, sama seperti kami bangga pada semua generasi wanita Irlandia dan pria Irlandia serta nenek moyang mereka yang kerja keras dan kejeniusannya telah memperkaya keanekaragaman yang memperkuat Amerika," tutur Martin. (Knu)

Baca Juga:

Joe Biden Menang di Tengah Bangsa yang Terpecah

#Breaking #Joe Biden #Pilpres AS
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan