Kampung Anggur, Destinasi Instagramable Sekaligus Edukatif di Yogyakarta

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 29 Januari 2019
Kampung Anggur, Destinasi Instagramable Sekaligus Edukatif di Yogyakarta
Buah anggur tumbuh baik di Desa Sumbermulyo. (Foto: Pixabay/jplenio)

ANGGUR memang identik dengan Eropa. Namun siapa sangka, di Indonesia, tanaman yang berasal dari Timur Tengah ini juga bisa tumbuh dengan baik. Di salah satu kampung di Yogyakarta, pohon anggur menghiasi setiap sudut. Kamu bisa berkunjung untuk melihat jalinan tanaman buah kaya nutrisi ini.

Kampung Anggur tepatnya berada di Dusun Plumbungan, Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro. Tak hanya bisa berfoto-foto dengan latar belakang anggur bermekaran, kamu juga bisa belajar banyak tentang tanaman itu dari warga.

1. Separuh warga membudidayakan anggur Vitis vinivera

Warga membudidayakan varietas Vitis Vinivera. (Foto: instagram.com/titiekfd)
Warga membudidayakan varietas Vitis vinivera. (Foto: instagram.com/titiekfd)

Sesuai namanya, di kampung itu terdapat banyak pohon anggur. Menariknya, anggur-anggur itu bukan berada di area perkebunan. Warga menanam di halaman depan rumah. Alhasil, Desa Sumbermulyo mampu mengembangkan agrowisata berbasis urban.

Dari 140 rumah, separuh di antaranya sudah membudidayakan tanaman anggur atau Vitis vinivera. Mereka bertekad akan terus mengembangkan dan membudidayakan tanaman ini sehingga Indonesia tidak lagi impor buah anggur.

2. Buah anggur berasal dari Ukraina

Kampung Anggur di Bantul. (Foto: instagram.com/satriyagrapefarm)
Kampung Anggur di Bantul. (Foto: instagram.com/satriyagrapefarm)

Buah anggur yang ditanam warga Plumpungan bukan anggur biasa. Dikutip Arah Destinasi, anggur di kampung itu masuk varietas Ninel yang konon bibit aslinya dari Ukraina.

Anggur jenis ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya mudah dalam perawatan dan tahan terhadap penyakit. Selain itu, varietas anggur Ninel juga tak mengenal musim, dapat berbuah sepanjang tahun.

Kelebihan lain, anggur jenis ini memiliki rasa yang sangat manis. Bahkan tingkat kemanisannya bisa mencapai 22 Brix, hampir setara dengan gula pasir yang berada di angka 24 Brix.

#Wisata Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan