Kampanyekan Mobil Listrik, Pria Ini Kendarai Mobilnya Lewati Dua Benua Wiebe Wakker. (MP/Win)

MerahPutih.com- Ketenangan kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Senin (1/1) sore mendadak ramai saat seorang pria asal Belanda Wiebe Wakker (31) mendatangi kawasan tersebut.

Pria tersebut bukan merupakan wisatawan asing yang tengah menikmati libur panjangnya di Kota Solo. Ia datang dengan menggunakan sebuah mobil.

Sepintas mobil tersebut seperti mobil pada umumnya. Namun jangan salah, jika mobil berwarna biru tersebut berbahan bakar listrik.

Mobil Volkwagen Golf Variant buatan Jerman ini, telah berhasil ia ubah menjadi mesin bertenaga listrik dengan kekuatan 150 kw. Dari kekuatan listrik tersebut, mobil ini mampu berjalan dengan menempuh jarak 200 kilometer, sebelum kembali di isi ulang atau charger selama 12 jam.

Wiebe Wakker saat menunjukkan mobil yang telah ia ubah menjadi mobil listrik dengan kekuatan 150 kw dan mampu menempuh perjalanan 200 kilometer. (MP/Win)

Wiebe mengatakan, jika visi yang ia bawa ini adalah Plug Me In atau mengenalkan mobil listrik kepada dunia. Bahkan, ia sudah mengelilingi 32 negara, salah satunya Indonesia.

"Saya sudah menempuh perjalanan lebih dari 52 ribu kilometer, dalam kurun waktu 660 hari. Saya mulai berangkat dari Belanda menuju Australia sejak tahun 2017 lalu," kata Wiebe kepada wartawan.

Sementara itu, Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Solo Ari Wibowo mengapresiasi langkah Wiebe. Bahkan, pihaknya sangat mendukung keberadaan mobil listrik, karena tak memiliki gas buang yang mengandung racun atau polusi udara. (Win)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH