Kampanye Protokol Kesehatan Bakal Lewat Pemberian Bansos

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 26 Agustus 2020
Kampanye Protokol Kesehatan Bakal Lewat Pemberian Bansos
Menko PMK Muhadjir Effendi. (Foto: Antara)

MerahPutih.com- Pemerintah merencanakan penyaluran bantuan sosial (bansos) bakal dibarengi dengan kampanye protokol kesehatan dan pemberian masker pada masyarakat untuk mengendalikan penyebaran wabah COVID-19.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, kesadaran tentang penggunaan masker merupakan hal paling esensial dalam upaya pencegahan penularan COVID-19.

Namun, masih banyak masyarakat yang tidak mengindahkan pentingnya penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah. Untuk itu, pemerintah akan berupaya menggencarkan kampanye dan sosialisasi pentingnya penggunaan masker.

Baca Juga:

Ini Kata Menko Airlangga Soal Foto Viral Para Menteri Tak Pakai Masker dan Jaga Jarak

Agar penggunaan masker masif, terutama untuk masyarakat kelas menengah ke bawah, bakal dibarenngi penyaluran bantuan sosial (bansos) sebagai stimulus untuk mengatasi dampak COVID-19 akan disertai dengan pembagian masker.

Penyediaan masker melalui penyaluran bansos, bekerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Sementara itu, untuk mempercepat pemulihan ekonomi, pemerintah juga terus mengupayakan berbagai skema bantuan sosial, mulai dari bantuan program sembako, Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan khusus sembako Jabodetabek, Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), dan terbaru yaitu bantuan tambahan beras.

Ilustrasi pemberian bansos
Ilustrasi pemberian bantuan. (Foto: Antara).

“Berbagai skema bantuan selesai disalurkan paling lambat November 2020, kecuali BST. Tetap ada bantuan di bulan Desember, guna stimulus di akhir tahun,” kata dia.

Namun, BLT Dana Desa, masih ada 550 desa kekurangan anggaran sebesar Rp53 miliar untuk menyelesaikan penyaluran bantuan tersebut hingga Desember 2020. Sehingga, 550 desa tersebut dapat menerima bantuan melalui bantuan sosial tunai dari Kemensos.

Baca Juga:

Wilayah Tak Tersentuh Virus Corona di Indonesia Makin Menyusut

#Dana Bansos #Pemulihan Ekonomi #Bantuan Sosial
Bagikan
Bagikan