Kampanye Hari Peduli Autisme Sedunia dengan 'Light It Up Blue' Light It Up Blue' (sheknows)

Autisme bukanlah penyakit kejiwaan. Penyebab autisme adalah gangguan neurobiologis yang mempengaruhi fungsi otak sedemikian rupa sehingga anak tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar secara efektif.

Biasanya, gejala autis ini sudah terlihat sejak sebelum berusia 3 tahun. Dan ini adalah saat terberat menjadi orangtua dari Anak dengan kebutuhan khusus, autisme.

Nah, bicara soal autis, ternyata hari ini, Minggu (2/4) adalah Peringatan Hari Peduli Autis Sedunia atau World Autism Awareness Day (WADD). Penetapan Peduli Autis Sedunia ini berdasarkan resolusi majelis umum PBB pada 18 Desember 2007 lalu.

Resolusi Kesadaran Autisme Sedunia ini memiliki empat komponen utama, yaitu penetapan 2 April sebagai Hari Kesadaran Autis Sedunia, partisipasi organisasi-organisasi PBB, negara-negara anggota, LSM dan semua organisasi swasta dan masyarakat untuk WAAD, meningkatkan kesadaran autisme pada semua tingkatan dalam masyarakat, dan Sekretaris Jenderal PBB harus menyampaikan pesan ini kepada negara-negara anggota dan semua lembaga PBB lainnya.

Dalam Peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia ini, Yayasan Autisme Indonesia (YAI) menggelar momentum tahunan 'Light It Up Blue' (LIUB). Kampanye LIUB merupakan kampanye peduli autisme yang dilakukan serentak di seluruh penjuru dunia. Pusat perhatian dari kampanye LIUB ini adalah disorotnya berbagai ikon kota di berbagai belahan dunia dengan lampu biru, serentak pada malam 2 April. Pendar cahaya biru di berbagai bangunan landmark kota-kota di seluruh penjuru dunia ini direncanakan berlangsung sebulan penuh, sepanjang April 2017.

Untuk di Jakarta akan dipusatkan di sekitar Monumen Nasional (Monas). Dalam acara Monas dijadikan ikon sebagai bangunan yang akan diselimuti cahaya biru sepanjang April 2017. Ini adalah sebagai tanda solidaritas kepada individu dengan autisme di seluruh dunia. Tahun ini, kampanye LIUB memperoleh tambahan satu ikon bangunan lagi yang akan diselimuti cahaya biru, yakni Tugu Kujang di Bogor.

Dalam kegiatan ini, semua peserta mengenakan pakaian berwarna bir, serta mengenakan atribut seperti topi payung, atau apapun yang serba biru.

Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Budayawan Ajip Rosidi Akan Nikahi Aktris Senior Nani Wijaya



Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH