Kampanye Earth Hour di Solo: 1 Jam Matikan Listrik, Kurangi Kerusakan Lingkungan Alam

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 26 Maret 2023
Kampanye Earth Hour di Solo: 1 Jam Matikan Listrik, Kurangi Kerusakan Lingkungan Alam
Pemkot Solo, Jawa Tengah menggelar kampanye Earth Hour di halaman Balai Kota Solo, Sabtu (25/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, menggelar kampanye Earth Hour di halaman Balai Kota, Sabtu (25/3).

Pantauan MerahPutih.com, kampanye Earth Hour di halaman Balai Kota Solo dimulai dengan hitung mundur selama 10 detik oleh Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa. Hanya waktu sekejap lampu di Balai Kota padam.

Baca Juga

Bersiap Perang Sarung di Gading Solo, 14 Pemuda Diamankan Polresta Surakarta

Warga yang berkumpul di halaman Balai Kota Solo menikmati malam Minggu langsung menyalakan light ponsel. Warga pun dalam kondisi gelap tetap menikmati malam Minggu dengan duduk di pendopo Balai Kota.

Deputi Climate and Market Transformation Program WWF Indonesia, Joko Sarjito mengatakan tahun 2023 ini merupakan kali ke 16 acara Earth Hour dilaksanakan secara global. Dimulai di Kota Sydney, Australia pada tahun 2007 silam.

"Kemudian diikuti 192 negara lain. Termasuk Indonesia. Tahun ini Earth Hour kita pusatkan di Solo dan diikuti 21 kota lain," kata Joko.

Dia mengatakan pihaknya memilih Solo karena melihat sebagai kota dengan populasi yang terbesar di Jawa Tengah dan juga di kota besar lainnya di Indonesia. Selain itu, Solo memiliki karakteristik yang cukup beragam di dalam masalah.

"Pemkot Surakarta juga memiliki program Solo resik atau untuk mengelola sampah. Kami berharap dengan program ini bisa menjadi salah satu contoh untuk memperhatikan alam menjadi lebih baik," papar dia.

Baca Juga

Warga Rela Antre 1.300 Porsi Bubur Banjar di Masjid Darussalam Solo

Ia menyebut mematikan listrik satu jam saja itu berarti banyak menghemat energi, banyak mengurangi emisi serta banyak mengurangi kerusakan kerusakan lingkungan alam yang sudah terjadi.

Joko berharap masyarakat bisa mengurangi penggunaan Sampah plastik. Mengingat limbah plastik merupakan limbah yang sulit terurai.

"Sebanyak 30 persen sampah plastik kita itu ada di lautan. Itu dimulai dari daratan, dari tempat kita.sehingga ini bisa kita mulai untuk memperbaikinya," pungkasnya.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa mengatakan masalah sampah ini merupakan musuh bersama. Dengan memadamkan listrik selama satu jam bukti komitmen Pemkot Solo mencintai buminya.

"Earth Hour ini jangan sebatas seremonial saja. Namun, juga menjadi kegiatan rutin. Kami juga gandeng pihak hotel untuk menyukseskan program ini," tegas dia. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga

Pelatih Taekwondo Lecehkan 3 Murid di Solo Ditangkap

#Pemkot Solo #Earth Hour
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan