Kampanye Earth Hour Bersamaan Nobar Debat Capres, Ganjar: Kalau Bisa Earth Hour Ditunda Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengadakan kegiatan bersih-bersih Keraton Kasunanan Surakarta, bersama Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono di Solo, Jawa Tengah, Jumat (29/3).(MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung giat kampanye Earth Hour yang berlangsung Sabtu (30/3) malam.

Namun, kampanye Eath Hour tersebut bersamaan dengan adanya nonton bareng (nobar) debat capres keempat Pemilu 2019. Debat ini mengangkat tema pertahanan-keamanan, ideologi, pemerintahan, dan hubungan internasional.

"Saya minta pelaksanaan kampanye Eath Hour di Jateng ditunda saja dulu karena berbarengan dengan debat capres keempat yang diadakan KPU," ujar Ganjar saat ditemui seusai giat bersih-bersih Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Jawa Tengah, Jumat (29/3).

Gubernur Ganjar Pranowo dalam aksi bersih-bersih di Keraton Surakarta
Gubernur Ganjar Pranowo saat bersih-bersih di Keraton Kasunanan Surakarta (MP/Ismail)

BACA JUGA: Kementerian Perhubungan Godok Ulang Aturan Baru Tarif Tiket Pesawat

Gunung Agung Kembali Erupsi, Zona Aman Sekitar 4 Kilometer dari Puncak Kawah

Prabowo Janji Setiap Tahun Bangun Satu Juta Rumah Murah untuk Rakyat

Politisi PDIP ini mengaku telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk mematikan listrik selama satu jam mulai 20.30 WIB hingga 21.30 WIB. Imbauan itu dipertegas dengan dikeluarkannya surat edaran (SE) yang disebar disemua perkantoran swasta serta milik daerah.

"Kampanye hemat energi ternyata berbarengan dengan jadwal debat capres yang disiarkan secara langsung melalui televisi," kata dia.

Menurut Ganjar, acara debat tersebut cukup penting karena terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2019. Apalagi, debat ini sebagai bagian dari babak penentuan bagi capres untuk menyampaikan program.

"Waktu mematikan listriknya ditunda saja, bisa dimulai setelah debat seesai atau pukul 10.30 WIB. Kalau Eath Hour tetap dilakaanakan pukul 20.30 WIB, acara debat tidak ada yang menonton," kata dia.

Ganjar Pranowo bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengadakan kegiatan bersih-bersih Keraton Kasunanan Surakarta, bersama Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono di Solo.(MP/Ismail)

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo setuju dengan usulan Ganjar soal waktu mematikan listriknya ditunda. Kalau tetap digelar pukul 20.30 WIB kasihan warga yang mau nobar debat tidak bisa.

"Kampanye Eath Hour masih bisa terlaksana seusai acara debat selesai. Bahkan kalau acara itu ditunda sehari pun tidak masalah," katanya.

Ketua Panitia Earth Hour Solo, Ivan Rahmad mengatakan bahwa prosesi pemadaman listrik tidak mungkin bisa ditunda. Hal itu mengacu pada jadwal atau waktu yang disepakati secara tingkat internasional.

"Saya menyerahkan sepenuhnya pada warga, kalau acara nobar debat caores dirasa sangat penting silahkan, kita tidak memaksa. Kampanye hemat energi tetap digelar sesuai kesepakatan awal," ujar Ivan.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH