KamiSketsa, Wadah Belajar Membuat Sketsa Hasil karya sketsa Aryo Bimo, seniman sketsa Kota Tua. (Foto: ANTARA/KamiSketsa Galeri Nasional Indonesia)

BUKAN kabar baru kalau kemampuan menggambar memiliki efek positif bagi psikologi. Riset lama mengungkapkan menggambar, termasuk membuat sketsa, merupakan dasar pembentukan persepsi dan memori.

Manfaat tersembunyi menggambar ialah mengasah kemampuan mengingat informasi visual, lalu mengaplikasikannya menjadi objek dalam sebuah gambar. Artinya, semakin sering menggambar, semakin terasah pula daya ingat Anda.

Setelah diingatkan kembali tentang manfaat menggambar, Anda mungkin jadi tertarik menggambar. Namun, malu lantaran baru memulainya? Tak usah malu. Anda sebenarnya telah belajar menggambar sejak duduk di bangku taman kanak-kanak. Kini, setelah dewasa, Anda dapat mulai belajar menggambar lagi.

Banyak tempat belajar menggambar yang bisa Anda datangi. Salah satunya dengan mengikuti program KamiSketsa. Program ini merupakan hasil kerja sama Galeri Nasional Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Program ini diharapkan dapat memunculkan inspirasi dan motivasi masyarakat untuk mengasah kreativitas, khususnya menggambar sketsa," ujar Kepala Galeri Nasional, Tubagus Sukmana, kepada ANTARA.

Kehadiran KamiSketsa juga merupakan upaya mendorong keahlian seni rupa, khususnya sketsa pada generasi muda. Dengan begitu seni rupa Indonesia semakin berkembang. Istilah KamiSketsa diambil dari kata kami dan sketsa yang artinya kami menggambar sketsa dan kamis-sketsa yang berarti menggambar sketsa setiap hari Kamis.

Nah, bila tertarik, Anda dapat memulainya pekan depan. Selamat mengasah kreativitas sambil memperkuat memori! (*)

Baca juga artikel Anda Orang yang Teliti? Coba Temukan Ular di Gambar Ini.


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH