Kamis, Gelombang Pertama Jemaah Haji Tiba di Yogyakarta Sejumlah calon jemaah calon haji asal Jawa Barat mendengarkan bimbingan dari panitia penyelenggara ibadah haji saat tiba di Asrama Haji (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

MerahPutih.com - Tiga hari lagi gelombang pertama jemaah haji asal DIY tiba di Yogyakarta. Kloter pertama yang tiba adalah kloter 23 dari Gunung Kidul.

"Kamis besok kloter 23 SOC tiba di Bandara Adisoemarno, Solo sekitar jam 06.10 WIB. Mereka jemaah dari Gunung Kidul," kata Humas Kanwil Kemenag DI Yogyakarta Bramma Aji Putra melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Senin (11/9).

Mereka kemudian langsung menuju Asrama Donohudan, Solo. Lalu dikirim ke Pemkab Gunung Kidul di Wonosari. Diperkirakan mereka tiba di Wonosari sekitar jam 08.30 WIB.

Kemudian di hari yang sama, gelombang kedua yakni kloter 24 tiba di Bandara Adisoemerno sekitar pukul 15.00 WIB. Kloter 24 berisikan jemaah Kota Yogyakarta dan diperkirakan sampai Kota Gudeg jelang magrib.

Gelombang ketiga yang tiba berasal dari Kloter 25 asal Sleman. Mereka tiba di bandara malam dan tiba di pendopo Pemkab Sleman sekitar pukul 23.30.

"Terakhir yang tiba di Yogyakarta adalah Kloter 31 SOC yang merupakan gabungan dari Jamaah asal Kulonprogo, Gunung Kidul dan Kota Yogyakarta. Mereka tiba tannggal 16 September 2017 sekitar pukul 16.15," kata Bram.

Seluruh Jamaah haji DIY 2017 berjumlah 3.165 orang. Mereka terbagi menjadi kloter 23-31. Selama ditanah suci, jamaah haji di Yogyakarta didampingi Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak 24 orang dan petugas kloter sebanyak 69 orang. Sehingga total dari di Yogyakarta tahun haji ini mencapai 3.258 orang.

Dari total ini, 36,19 persen jemaah berusia antara 51-60 tahun dan 34 persen berusia di atas 61 tahun. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya pada artikel di: Warga Berebut Ambil Gunungan Grebeg Keraton Yogyakarta



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH