Teknologi
Kamera yang Menangkap Detil dengan Baik Merupakan kamera mirrorless pertama tanpa rana mekanis. (Foto: Engadget)

HARUS diakui kalau Sony dan Canon menguasai pasar kamera digital saat ini. Meskipun demikian agaknya Nikon tidak tinggal diam dan mengejar kedua rekan satu negaranya itu.

Nikon meluncurkan Kamera Z9 yang memiliki lensa 45,7 megapiksel. Kamera ini merupakan kamera professional yang menawarkan kecepatan luar biasa, detail luar biasa, dan kemampuan vidio 8K yang luar biasa.

Baca Juga:

Rekomendasi 3 Kamera Vlogging Ringan Terbaik Selain GoPro

kamera
Memiliki lensa 45,7 megapiksel. (Foto: dpreview.com)

Nikon juga membuat terobosan baru dengan kamera ini, merupakan kamera mirrorless pertama tanpa rana mekanis. Sebagai gantinya mengandalkan sensor cepat untuk meminimalkan efek jello yang dapat terjadi dengan rana elektronik.

Kamera ini memiliki bobot sekitar 1340 gram, atau hanya 60 gram lebih ringan dari DSLR D6 Nikon. Kamera yang berat memang dapat melelahkan tetapi kenyataannya, banyak fotografer dan videografer profesional lebih memilih kamera besar dan berat untuk stabilitas yang lebih baik.

Kabarnya kamera ini memiliki 2,09 juta dots dan layar sentuh 3,2 inci yang relatif tajam dan cerah. Memang kalau dibandingkan dengan kamera Sony dan Panasonic, sistem menunya agak terlalu rumit, dan layar hanya bisa dimiringkan ke atas atau ke kanan.

Dibalik beberapa kekurangannya tersebut, kamera ini memiliki banyak keunggulan lainnya. Seperti dibekali dengan baterai EN-EL18D yang bisa digunakan untuk memotret hingga 740 bidikan yang solid dan merekam vidio berdurasi dua jam dengan kualitas 4K.

Kamera ini juga akan menyediakan slot USB-C 3.2 untuk transfer dan penyimpanan, jack mic dan headphone, port Ethernet untuk pemotretan jarak jauh dan jack HDMI berukuran penuh. Meskipun kamera ini tidak memiliki rana mekanis, namun memiliki penutup untuk melindungi sensor saat penggunanya mengganti lensa.

Baca Juga:

Cara Kerja V2L di Hyundai Ioniq 5 yang Bisa Jadi Sumber Listrik

kamera
Pengguna dapat memotret hingga 20 frame RAW per detik pada resolusi penuh. (Foto: lowyat.net)

Kamera ini menjadi kamera mirrorless tercepat yang pernah Nikon buat hingga saat ini. Pengguna dapat memotret hingga 20 frame RAW per detik pada resolusi penuh, 30 JPEG, atau 120 JPEG per detik yang sangat cepat pada resolusi 11 megapiksel yang lebih rendah.

Pendeteksi wajah, mata, kendaraan, dan hewan yang dimiliki kamera ini juga sangat cepat dan akurat. Bahkan jika objeknya cukup jauh. Kemudian kamera Z9 ini dapat mengenali sembilan jenis objek secara otomatis seperti mata, wajah, kepala, dan tubuh bagian atas manusia, lalu mata, kepala dan tubuh binatang. Termasuk mobil, pesawat, kereta api dan sepeda motor.

Untuk merekam vidio, kamera boleh dikatakan yang paling kompeten hingga saat ini. Sebagai contoh, kamera ini dapat merekam 8K H.265 hingga dua jam tanpa panas berlebih atau masalah lainnya. Termasuk pula dapat merekam vidio 4K yang sangat tajam hingga 30 fps dengan melakukan oversampling pada full width sensor.

Selain itu, perodusen kamera asal Jepang itu melakukan pembaruan firmware. Dalam pembaruan itu, produsen ini menawarkan video RAW internal 8K 60p menggunakan format yang disebut TicoRaw. Pengguna dapat merekam video 11 menit RAW 8K 12-bit lossless dan 54 menit 8K visual lossless.

Kesimpulannya, kamera mirrorless paling serbaguna dan kuat. Kamera ini bisa jadi pilihan tepat bagi para profesional yang tidak ingin berkompromi dengan segala jenis pemotretan, baik itu foto atau vidio. Dilansir dari techradar, sayangnya perilisan dan penjualan resminya diundur hingga waktu yang belum diketahui. Kabarnya harga pre-order USD5.500 atau setara dengan Rp79 juta. (ref)

Baca Juga:

Inovasi Life Science Menjawab Tantangan Dunia Kesehatan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
 4 Inspirasi Nail Art Bertemakan Libur Akhir Tahun
Fun
Tiga Fitur Terbaru Aplikasi Ini Memudahkan Belanja Bahan Makanan
Fun
Tiga Fitur Terbaru Aplikasi Ini Memudahkan Belanja Bahan Makanan

Belanja bahan makanan cukup menggunakan aplikasi.

Kominfo Imbau Masyarakat Tak Termakan Hoaks COVID-19
Fun
Kominfo Imbau Masyarakat Tak Termakan Hoaks COVID-19

Kementerian Kounikasi dan Informatika, meminta masyarakat mewaspadai hoaks tentang COVID-19 di Indonesia.

Aing Tetap Bertahan Bersamamu Walau Harus LDR
Fun
Aing Tetap Bertahan Bersamamu Walau Harus LDR

Menjalani hubungan LDR bisa berhasil asal memiliki komitmen.

Gara-Gara Adegan Ciuman, 'Lightyear' Ditolak 14 Negara
ShowBiz
Gara-Gara Adegan Ciuman, 'Lightyear' Ditolak 14 Negara

Di 14 negara Timur Tengah dan Asia.

Pentingnya Edukasi Kesehatan Untuk Menekan Kasus COVID-19
Fun
Pentingnya Edukasi Kesehatan Untuk Menekan Kasus COVID-19

edukasi kesehatan pada masyarakat tetap penting dan perlu dilakukan, hal itu guna menekan kasus COVID-19 yang saat ini telah menurun drastis

Sirkel Barda 'Si Buta' Mandrawata Sebelum Jadi Pengelana
Fun
Sirkel Barda 'Si Buta' Mandrawata Sebelum Jadi Pengelana

Barda pernah memiliki orang-orang yang penting di sekitarnya. Namun kedatangan Mata Malaikat meluluhlantakkan kehidupannya sehingga akhirnya ia menjelma menjadi Si Buta dari Gua Hantu. Sejak saat itu normal sudah tak ada lagi dalam kehidupannya dan memutuskan menjadi pengelana menumpas kebatilan.

Pacaran Sama Janda atau Duda? Begini Tipsnya Biar Enggak Canggung
Fun
Pacaran Sama Janda atau Duda? Begini Tipsnya Biar Enggak Canggung

Begini tipsnya agar tetap langgeng dan romantis.

Apa Moda Transportasi Paling Aman untuk Liburan Akhir Tahun?
Fun
Apa Moda Transportasi Paling Aman untuk Liburan Akhir Tahun?

Pesawat, kereta, atau kendaraan pribadi?

Pemuda, 4 Kalimat Ini Membuat Mantanmu Tak Bisa Berkata-kata
Fun