Kali Item Kembali Berbusa, Anies: Di Tempat Lain Juga Banyak tapi Tidak Diliput Media

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 22 April 2019
Kali Item Kembali Berbusa, Anies: Di Tempat Lain Juga Banyak tapi Tidak Diliput Media
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - Kali Sentiong atau yang dikenal dengan Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat kembali mengeluarkan busa. Padahal Pemprov DKI telah melakukan penanggulangan adanya limbah busa itu.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, munculnya limbah busa di Kali Item itu lantaran masih banyaknya masyarakat yang menggunakan detergen saat mencuci sehingga mengalir ke Kali itu.

Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

"Karena kita (masyarakat) terus- menerus mencuci. Kalau kita masih mencuci dengan detergen seperti ini ya pasti selalu muncul limbah," kata Anies di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Senin (22/4).

Menurut dia, masalah limbah busa detergen banyak terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Hanya saja tempat lain tak jadi sorotan oleh media massa. Tapi jika Jakarta ada masalah sekecil apapun pasti disorot oleh media.

"Kejadian yang sama juga terjadi di seluruh Indonesia. Bedanya di sana tak banyak media sebanyak kita, tak ada yang memotret, nggak ada yang mengangkat ke media sosial padahal ini masalah nasional karena itu harus diselesaikan secara nasional," jelasnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun mendorong kepada masyarakat untuk menggunakan detergen yang ramah lingkungan untuk mencuci.

Busa Kali Item. Foto: ANTARA

"Kita harus dorong pada jenis-jenis detergen yang bersahabat pada lingkungan," tutupnya (Asp)

#Polemik Kali Item #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan