Kaleidoskop: 4 Film yang Jadi Perbincangan Warganet Indonesia di 2021 Nussa (Foto: Ist)

TAK terasa 2021 akan segera berlalu. Meski masih di suasana pandemi COVID-19, geliat perfilman di Indonesia maupun internasional mulai kembali bergejolak. Terbukti beberapa movie maker telah merilis karya-karyanya baik melalui bioskop maupun layanan streaming.

Genre-nya bermacam-macam mulai dari laga, drama hingga film keluarga. Beberapa bahkan sempat viral dan menjadi perbincangan warganet Indonesia. Apa saja itu? Dirangkum Merahputih.com, berikut 5 film tahun 2021 yang menjadi perbinjangan di dunia maya.

Baca juga:

Kaleidoskop Sains dan Teknologi di Indonesia Sepanjang 2021

1. Nussa

Berawal dari serial di Youtube, film tentang seorang anak difabel bernama Nussa ini cukup menjadi perbincangan di dunia maya. Film produksi The Little Giantz dan Visinema Pictures ini sempat dituduh radikal dan intoleran, meski tanpa argumen yang jelas.

Sebenarnya, film Nussa direncanakan tayang pada tahun 2020. Namun ditunda karena saat itu virus COVID-19 sedang mengalami peningkatan. Hingga akhirnya di tahun ini Nussa resmi rilis di bioskop tanggal 14 Oktober di seluruh Indonesia.

Penayangannya ini cukup dinanti oleh banyak orang. Tercatat Nussa berhasil menarik lebih dari 400 ribu penonton. Jumlah yang terbilang baik sebab bioskop di Indonesia masih membatasi kapasitas penonton demi menerapkan protokol kesehatan.

Film Nussa bercerita tentang bocah difabel bernama Nussa (Muzakki Ramdhan) yang pintar karena berhasil menjadi juara bertahan science fair. Ia ingin kembali menjadi juara dengan roket rancangannya didampingi Abba.

Namun eksperimen tersebut gagal dan teman-temannya beralih memperhatikan Jonni (Ali Fikri) dengan roket canggihnya. Berhadapan dengan rival yang lebih unggul, serta kabar Abba tak bisa pulang membuat Nussa terpukul.

2. Spider-Man: No Way Home

Bagi penggemar film, pasti tahu mengapa film arahan Jon Watts ini menjadi perbincangan di media sosial. Selain karena banyak yang penasaran bagaimana aksi Peter Parker versi Tom Holland mengatasi masalahnya, rumor kemunculan Spider-Man versi Tobey Maguire dan Andrew Garfield membuat banyak penggemar tertuju pada film ini.

Antusias penggemar film Indonesia juga terlihat dari fenomena refund yang terjadi saat presale tiket H-1 penayangan oleh TIX ID. Melalui pengumuman resminya TIX ID mengaku ada kesalahan sistem sehingga terpaksa mengembalikan uang dari pada penggemar yang telah membeli tiket di TIX ID.

Baca juga:

Intip Tren Media Sosial dan Digital di 2022

Sebenarnya demam Spider-Man: No Way Home bukan hanya terjadi di Indonesia. Film ini bahkan digadang-gadang menjadi film debut global terbesar di tengah kekhawatiran varian Omicron COVID-19 yang telah meraup keuntungan USD 587,2 atau setara Rp 8,4 miliar selama akhir pekan.

Film yang rilis tanggal 15 Desember lalu ini bercerita tentang Peter Parker yang menhadapi masalah terungkapnya identitas Spider-Man karena ulah Mysterio. Ia lantas meminta bantuan Doctor Strange.

Sayangnya, usahanya ini berjalan tak lancar. Ia pun harus menghadapi masalah baru yakni vilain dari universe lain. beruntung Peter mendapat bantuan tak terduga. Sayangnya, selain penuh komedi, kamu akan berlinangan air mata karena Peter Parker akan kehilangan sosok yang ia cintai.

3. The medium

Film horor kerjasama antara Thailand dan Korea Selatan ini sangat menarik perhatian warganet. Kamu bisa merasakan bagaimana mencekamnya kisah teror hantu akibat ulah Nim, seorang dukun di daerah terpencil Thailand yang merobek kain suci pengusir setan.

Satu lagi yang menarik, film yang dirilis tanggal 20 Oktober lalu sengaja dibuat dengan sangat nyata ala dokumenter. Teknik pengambilan gambarnya melalui kamera video dan CCTV. Hal inipula yang membuat banyak gambar yang kurang stabil dan memusingkan.

The Medium bukan hanya digemari oleh penggemar film di Indonesia saja melainkan banyak negara. Film ini berhasil memenangkan penghargaan utama Best of Bucheon di Festival Film Fantastis Internasional Bucheon Korea Selatan. Bukan hanya itu saja, The Medium juga menjadi perwakilan Thailand dalam ajang Academy Awards ke-94 tahun depan.

Kisah film The Medium berawal dari dukun di daerah bernama Isan, Thailand yang percaya dirinya dirasuki oleh Dewa Bayan yang nantinya harus diturunkan ke generasi berikutnya dari keluarga perempuan.

Singkat cerita Dewa Bayan memiliki Mink, keponakan Nim untuk dijadikan wadah berikutnya. Namun belum sempat berpindah, Mink justu berperilaku aneh, yang membuatnya dipanggilkan pengusir setan.

Masalah lain muncul, Mink malah merobek kain suci yang biasa dipakai untuk mengusir setan. Sejak saat itu teror muncul dan membahayakan semua orang. Mink menjadi jahat dan membunuh setiap warga desa tanpa ampun.

4. Ali & Ratu Ratu Queens

Ali & Ratu Ratu Queens menjadi salah satu film Indonesia tahun 2021 yang dirilis di layanan streaming Netflix 17 Juni. Sebenarnya, film bergenre drama komedi ini direncanakan rilis di bioskop tahun 2020, namun karena pandemi pihak rumah produksi harus mencari wadah lain agar karya ini tetap bisa dinikmati.

Menariknya, film yang diambil dari kisah nyata tersebut mendapat segudang penghargaan seperti Penata Editing Terpuji Film oleh Aline Jusria di Festival Film Bandung dan Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik oleh Marissa Anita di Festival Film Indonesia.

Selain karena bertabur bintang, tepat saat film dirilis, poster film Ali & Ratu Ratu Queens tayang di salah satu papan reklame Times Square. Karena hal itu juga film arahan Lucky Kuswandi menjadi bahan perbincangan warganet.

Film ini bercerita tentang Ali, remaja 17 tahun yang ingin mengejar ibunya ke New York, Amerika Serikat. Namun, sesampainya di Queens, Ney York, ia malah bertebu ibu-ibu rempong bernama Party.

Ia juga bertemu dengan beberapa karakter lain seperti Biyah, Ance, serta Chinta. Di tengah pencarian, Ali jatuh cinta dengan Eva, anak perempuan satu-satunya Ance yang memperkenalkan banyak keajaiban di New York. (Yni)

Baca juga:

Belasan Juta Kendaraan Listrik Siap Ramaikan Jalan di Indonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bukti Apresiasi Pemerintah, Esports Hadir di PON Papua 2020
Fun
Bukti Apresiasi Pemerintah, Esports Hadir di PON Papua 2020

Pemerintah kian mengakui Esports sebagai salah satu cabang olahraga resmi di Indonesia

Tiga 'Kegilaan' Dalam Drama Crazy Love yang Sayang Dilewatkan
ShowBiz
Tiga 'Kegilaan' Dalam Drama Crazy Love yang Sayang Dilewatkan

Menampilkan kisah cinta yang manis, tapi biadab dan kacau.

Marvel Buat Buku Resep Negara Wakanda
Fun
Marvel Buat Buku Resep Negara Wakanda

Buku tersebut ditulis oleh Nyanyika Banda, orang yang ahli dalam bidang kuliner, dan sudah berpengalaman lebih dari 25 tahun

Mie Instan Terenak, Menurut Koki dan Food Writers
Fun
Mie Instan Terenak, Menurut Koki dan Food Writers

Mi instan teman yang baik mengenyangkan perut.

Headset AR/VR Apple Bakal Hadir dengan Sensor Gerak Mutakhir
Fun
Headset AR/VR Apple Bakal Hadir dengan Sensor Gerak Mutakhir

Bocoran fitur canggih headset AR/VR Apple.

Maunya Menang Sendiri, 4 Zodiak ini Dikenal Sangat Egois
Fun
Maunya Menang Sendiri, 4 Zodiak ini Dikenal Sangat Egois

Sifat egois bisa kita temukan baik di lingkungan pertemanan atau pekerjaan.

Tunangan Mendiang Brandon Lee Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Film 'Rust'
ShowBiz
Tunangan Mendiang Brandon Lee Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Film 'Rust'

Brandon meninggal pada usia 28 dalam kecelakaan serupa pada Maret 1993.

ARMY Harus Tahu, BTS Bakal jadi Karakter Tamagotchi
Fun
ARMY Harus Tahu, BTS Bakal jadi Karakter Tamagotchi

Baru akan tiba di tangan konsumen pada Oktober 2022 mendatang.

Kenali Tiga Langkah Jitu Raih Cuan Lewat NFT
Hiburan & Gaya Hidup
Kenali Tiga Langkah Jitu Raih Cuan Lewat NFT

Kenali beberapa tips meraih cuan dari NFT

Kolaborasi Spesial One Piece x Where's Wally
Fun
Kolaborasi Spesial One Piece x Where's Wally

Gambar keduanya akan menghiasi majalah Weekly Shonen Jump terbitan Shueisha.