Kaldu Jamur Sebagai Pengganti Micin, Apakah Lebih Baik? Kaldu jamur memiliki beragam manfaat kesehatan (Foto: Bicycling)

NUTRITIONAL yeast alias kaldu jamur merupakan produk campuran untuk makanan yang berbentuk seperti bubuk dengan bulir yang kasar. Produk ini dikabarkan bisa menggantikan posisi MSG pada micin karena rasa gurih umaminya yang tak kalah lezat. Hebatnya lagi, ternyata nutritional yeast memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Nutritional yeast merupakan bentuk ekstrak ragi dari jamur Saccharomyces cerevisiae. Untuk menghasilkan ekstrak ragi jamur, Saccharomyces cerevisiae ditanam selama beberapa hari di media yang kaya gula, contohnya dalam tetesan tebu. Ragi kemudian dipanaskan, dipanen, dicuci, dikeringkan, dihancurkan, dan dikemas untuk didistribusikan di toko-toko.

Baca juga:

MGS, Si Gurih Nan Bermanfaat

Nutritional yeast juga menjadi produk campuran makanan yang sering digunakan para vegan sebagai penyedap makanan dan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Kaldu jamur yang digunakan per hari biasanya sebanyak 1-2 sendok makan.

Melansir dari Healthline, inilah, manfaat yang bisa kamu dapat dari kaldu jamur, misalnya:

1. Mencegah kekurangan vitamin B12

Mencegah Kekurangan Vitamin (Foto: Pixabay/Stevepb)

Bagi orang yang tidak mengonsumsi sumber makanan hewani (vegetarian dan vegan) biasanya akan rentan mengalami defisiensi (kekurangan) vitamin B12. Vitamin B12 dibutuhkan untuk menjaga sistem saraf, produksi DNA, metabolisme energi dan pembentukan sel darah merah.

Vitamin B12 hanya ditemukan secara alami pada produk hewani, sehingga vegan harus menyiasati pola makan mereka agar tidak mengalami kekurangan vitamin B12.

Suatu penelitian yang melibatkan 49 vegan menemukan mengonsumsi satu sendok makan nutritional yeast yang diperkaya zat gizi setiap hari dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatnya kekebalan tubuh (Foto: Pixabay/Bru-no)

Kaldu jamur mengandung alfa-mannan dan beta-glukan, yang menurut penelitian dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Beta glukan yang ditemukan dalam nutritional yeast membantu mempertahankan pertahanan tubuh terhadap bibit penyakit.

Baca juga:

Suka Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini? Siap-siap Sistem Imun Melemah

Dilansir dalam laman Nutrition Facts, risiko kambuhnya salah satu penyakit infeksi seperti flu bisa berkurang hingga 25 persen pada mereka yang mengonsumsi sekitar satu sendok makan nutritional yeast per hari. Bahkan, setengah sendok makan nutritional yeast per hari pun tetap dapat menurunkan gejala flu.

3. Membantu menurunkan kolesterol

Menurunkan risiko kolesterol (Foto: Pixabay/GuillermoVuljevas)

Beta glukan yang ada di dalam kaldu jamur juga dapat menurunkan kolesterol darah. Penelitian menunjukan sekumpulan responden laki-laki dengan kolesterol tinggi mengonsumsi 15 gram beta-glucan dari ragi setiap hari selama delapan minggu. Hasilnya, mereka dapat menurunkan total kolesterol hingga 6 persen. (nic)

Baca juga:

Jangan Salah Sangka, Santan dan MSG Itu Sehat


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH