Kalau Tahu Manfaatnya, Kamu Pasti Lebih Banyak Travelling daripada di Rumah Pemandangan alam membuat kamu akan lebih menghargai lingkungan. (Foto: Pixabay/holgerheinze0)

KAMU tipe orang yang suka travelling? Hobi ini sangat bagus. Terutama zaman sekarang di tengah serba kemudahan komunikasi dan transportasi. Travelling akan menjadi sebuah kegiatan yang lebih menyenangkan.

Travelling awalnya dilakukan orang zaman dahulu atas dasar perasaan ingin tahu, kekuasaan, atau mencari kebutuhan hidup. Maka orang-orang melakukan perjalanan baik di wilayah sendiri maupun hingga ke negara-nagera lain yang jauh.

Sadar atau enggak sadar ternyata menjelajahi kota, negara, pulau atau tempat baru memberikan manfaat baik untuk kesehatan psikologis.

Berikut merahputih.com sebutkan di bawah ini daftar manfaat luar biasa traveling untuk kesehatan mental, dikutip iStyle;

1. Membuat Kamu Lebih Pintar

Travelling pasti membuat kamu lebih smart. (Foto: Pixabay/MabelAmber)
Travelling pasti membuat kamu lebih smart. (Foto: Pixabay/MabelAmber)

Dengan travelling, kamu akan meninggalkan kebiasaan kamu sehari-hari. Berada di tempat yang baru mengharuskan kamu beradaptasi dan juga memahami bahasa, budaya, dan kebiasaan yang baru. Inilah yang akan membuat pikiran semakin tajam dan lebih terbuka.


2. Punya Banyak Kesempatan Mencoba Hal Baru

Mencoba hal baru sangat menyenangkan. (Foto: Pixabay/Pexels / 9167 foto
Mencoba hal baru sangat menyenangkan. (Foto: Pixabay/Pexels)

Dengan travelling, kamu akan meninggalkan zona nyaman yang biasanya membuat kamu stuck sama hal yang sama. Pergi ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya akan memberikan banyak pengalaman baru. Mulai dari hal kecil seperti mencoba makanan hingga hal-hal seru yang enggak bakal pernah kamu lupakan seumur hidup kamu.


3. Bertemu dengan Banyak Orang Baru

sasint / 226 foto
Mendapat teman baru saat travelling merupakan pengalaman yang sangat menarik. (Foto: Pixabay/sasint)

Dengan travelling, kamu akan mendapatkan banyak teman dalam perjalananmu. Inilah yang paling membuat hatimu merasa hangat. Meski kamu melakukan solo travelling, kamu enggak akan pernah merasa sendiri karena akan selalu ada kejutan dan teman baru yang akan kamu temui.


4. Lebih Dekat dengan Alam

Jalan-jalan. thomashendele / 48 foto
Jalan-jalan kamu akan mengenal lebih dekat alam. (Foto: Pixabay/thomashendele)

Dengan travelling, kamu jadi lebih mengenal alam. Esensi paling berharga dari travelling adalah bisa menikmati dan merasa lebih dekat dengan alam. Kamu bisa menikmati hal-hal sederhana yang nggak bisa kamu dapatkan di kehidupan perkotaan seperti sejuknya suasana pegunungan , moment sunrise dan sunset di pinggir pantai.


5. Menjadi Pribadi yang Baru

Jalan-jalan (Free-Photos / 9114 foto
Jalan-jalan bisa menjadikan kamu sebagai pribadi baru yang lebih baik. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Dengan travelling, kamu akan mendapatkan energi yang baru dari pengalaman, kesempatan dan orang-orang yang kamu temui selama perjalanan. Setelah pulang travelling, sadar atau tidak, sebenarnya kamu telah menjadi pribadi yang baru, yang lebih fresh. Ketika kembali ke rutinitas, kamu akan lebih termotivasi untuk menjadi produktif lagi karena ada satu alasan baik yang menjadi semangat kerjamu. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pria Juga Pakai Sunscreen, Kenapa Enggak?

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH