Kalau Kamu 'Traveler' Cerdas, Kamu Harus Melakukan Kiat-Kiat 'Traveling' Ini Traveler juga harus cerdas (Foto: Pixabay/Free-Photos)

CERDAS bukan masalah dalam hal pekerjaan saja. Sebagai seorang pelancong, kamu juga harus cerdas. Supaya perjalanan traveling kamu bukan sekadar membuat kamu senang. Tapi memuaskan, berkesan dan begitu bermakna.

Masalahnya begini, banyak traveler yang enggak bisa memaksimalkan perjalanan mereka. Misalnya traveler bisa saja mengalami over budget. Lalu enggak jarang juga perjalanan yang dilakukan traveler menjadi kurang bermakna.

Nah, jadi kiat-kiat apa saja sih yang harus dilakukan traveler cerdas? Berikut penjelasannya seperti yang dikutip dari laman Travel + Leisure.

1. Enggak perlu buru-buru saat mengunjungi satu tempat wisata

Satu tempat saja sudah cukup asalkan dinikmati (Foto: Pixabay/jill111)

Menurut kamu lebih baik mengunjungi banyak tempat tapi sebentar, atau mengunjungi satu tempat dalam waktu beberapa hari? Alangkah baiknya kalau kamu santai saat mengunjungi satu tempat wisata.

Manfaatkan waktu yang kamu punya untuk menelusuri tuntas tempat tersebut. Daripada kamu bisa mengunjungi banyak tempat di satu kali perjalanan. Tapi tiap tempat kamu hanya menyediakan sedikit waktu untuk menikmatinya. "Jangan takut untuk menghabiskan empat atau lima hari untuk menjelajahi suatu daerah," kata Alex Reynolds, penulis blog perjalanan Lost With Purpose.

2. Jangan terlalu banyak memfoto pemandangan

Lebih baik menikmati pemandangan daripada foto-foto terus (Foto: Pixabay/SplitShire)

Memang sih kamu ingin mengoleksi banyak foto sebagai dokumentasi perjalanan kamu. Tapi menurut Reynolds, akan sia-sia kalau kamu banyak memfoto, tapi enggak bisa menikmati keindahan pemandangan tersebut dengan maksimal.

Menikmati suatu tempat wisata bukan dengan cara melihatnya melalui lensa kamera. Mata dan penglihatanmu sendirilah yang harus merasakan hal itu. "Tidak setiap lansekap yang menakjubkan menghasilkan foto epik. Saat bepergian kita harus melihat dunia dengan mata sendiri," ujar Reynolds.

3. Punya rekening khusus untuk operasional traveling

Amankan anggaran traveling di rekening terpisah (Foto: Pixabay/AKuptsova)

Sebaiknya kamu memiliki anggaran traveling khusus dalam keuangan kamu. Uang tersebut juga harus kamu simpan di rekening terpisah. Sehingga keuangan untuk keperluan lain enggak akan terganggu. Kamu juga harus sudah membuat anggaran khusus sebelumnya agar enggak over budget.

Uang yang kamu simpan di rekening khusus melancong ini harus kamu jadikan seperti sebuah investasi. Jadi kalau kamu memiliki sisa uang dari penghasilan kamu, simpan di rekening tersebut. Perjalanan yang kamu miliki pun akan sangat memuaskan. Karena kamu sudah mempersiapkan keuangan khusus ini sebelumnya.

4. Jangan terlalu diatur

Dibawa santai saja (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Kamu memang pintar kalau merencanakan agenda perjalanan kamu dengan matang. Namun kamu enggak cerdas kalau terlalu merencanakan secara detil. Yang ada, kamu enggak bisa menikmati perjalanan kamu dengan leluasa. Kamu selalu terpaku dengan agenda yang sudah kamu buat sebelum berangkat. Lebih baik kamu lebih berbaur dengan warga lokal. "Banyak kenangan terindah dari perjalanan saya yang tidak direncanakan (spontan)," kata Reynolds. (ikh)

Baca juga: Supaya Selalu Cantik di Medsos, Bawa Empat Produk Kecantikan ini saat Traveling

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH