Kalahkan Inggris, Petugas Damkar Indonesia Juara Satu Kompetisi Dunia

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 27 November 2023
Kalahkan Inggris, Petugas Damkar Indonesia Juara Satu Kompetisi Dunia
Petugas pemadam kebakaran dari Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih juara pada kompetisi SGFPC 2023 di Singapura. (ANTARA/HO-PPID DKI Jakarta)

MerahPutih.com - Kemampuan dan kelas petugas pemadam kebakaran (Damkar) Indonesia ternyata tidak kalah dengan rekan-rekan sejawatnya dari negara-negara lain.

Bahkan, tim Damkar dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta meraih juara pada kompetisi "Singapore-Global Firefighters and Paramedics Challenge" (SGFPC) 2023 di Singapura.

Dalam kejuaraan yang dihelat pada 24-25 November 2023 oleh Singapore Civil Defence Force (SCDF) di Singapore Expo Hall 3 itu, perwakilan Damkar DKI tidak hanya membawa pulang satu penghargaan.

Baca Juga:

Animator Indonesia Terlibat dalam Produksi Film 'Wish' Disney

Perwakilan Indonesia Fadila Bunyamin berhasil meraih juara satu pada kategori "Breaveheart Team Challenge". Adapun, Budi Paryono dan Andi Putra Erlambang yang turun di ajang yang sama meraih juara empat.

Pada kategori tim, Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta juga berhasil mendapat penghargaan "Best Resource Application dan Best Safety Application" yang diraih Budi Paryono dan Andi Putra Erlambang. Tak hanya itu, Fadila Bunyamin juga kembali menyabet medali penghargaan "Best Planning Team".

SGFPC 2023 merupakan kompetisi yang diinisiasi oleh SCDF bagi para petugas pemadam kebakaran (damkar), penyelamat dan paramedis dari seluruh dunia. Tercatat, sebanyak 14 negara mengikuti kompetisi tahun ini, yakni Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, Australia, Luxembourg, Makau, India, Myanmar, Inggris, dan Hongkong.

Atas pencapaian Fadila dan kawan-kawan, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyampaikan terima kasih kepada para atlet yang telah bertanding dan berjuang meraih prestasi untuk Jakarta dan Indonesia.

"Semoga capaian prestasi ini menjadi pemicu untuk meningkatkan kinerja Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta," katanya, dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (27/11).

Baca Juga:

Jokowi Bangga Indonesia Jadi Bahasa Resmi ke-10 yang Diakui UNESCO



Sementara itu, Kepala Sektor Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat Pasar Minggu sekaligus pembina dan pelatih tim, Suhudi mengatakan, meskipun jadwal latihan dilakukan dengan cukup singkat, tetapi tidak menyurutkan semangat para peserta untuk terus berlatih demi meraih hasil terbaik.

Suhudi berharap pemadam Jakarta dapat terus berkontribusi untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Jakarta dan Indonesia. Selain itu diberikan kesempatan untuk mengikuti ajang serupa di tahun berikutnya dengan persiapan dan latihan yang lebih optimal.

"Berkat semangat dan kerja keras para atlet, kita dapat melaksanakan tugas dengan baik dan kembali ke Jakarta dalam kondisi sehat," ujar Suhudi. (*)

Baca Juga:

Jeka Saragih Jadi Petarung Indonesia Pertama yang Cetak Kemenangan di UFC

#Indonesia #Breaking
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan