Kalahkan Diri Sendiri, Bukti Psoriasis Warrior Juga Jagoan Tangguh! Kampanye Pahami Psoriasis buktikan keberadaan jagoan tangguh teman-teman Psoriasis. (Foto Psoriasis Indonesia)

LEON Brown pernah berkata musuh terbesarmu sebenarnya dirimu sendiri. "It is your negative thoughts that hold you back, nothing else", kata pemain Rugby asal AS itu. Jadi kadang definisi jagoan enggak melulu sekadar menang lawan antagonis. Ada kalanya definisi tangguh bersepadan dengan mengalahkan diri sendiri.

Sukses melawan pikiran negatif menahan untuk maju dan naik level. Hal tersebut sering dialami teman-teman Psoriasis. Perjuangan mereka untuk tampil percaya diri serta menerima kondisi autoimunnya membuat mereka layak disebut jagoan tangguh.

Baca juga:

Ketangguhan Lathifah Amaturrohman Kreasikan Gendong Bayi Jadi Ladang Amal

Psoriasis merupakan kondisi autoimun ketika sel-sel kulit menumpuk kemudian menghasilkan bercak bersisik gatal dan kering. Biasanya menyerang kulit, kelopak mata, bahkan sendi. Demikian seperti dijelaskan Chiara Lionel Salim, pendiri platform Psoriasis Indonesia.

psoriasis
Psoriasis merupakan sebuah penyakit autoimun yang membuat lapisan kulit menumpuk dan kering. (Foto Dok Pribadi Chiara Lionel Salim)

Kondisi psoriasis disebabkan sistem kekebalan tubuh tidak normal atau biasa dikenal masyarakat awam sebagai autoimun. Meski begitu, stigma negatif masih melekat untuk mereka masih berjuang menghadapi kondisi psoriasis.

Kerap serpihan kulit atau kemerahan mereka membuat orang enggan dan menjauh. Dikira menular, padahal Psoriasis sama sekali tidak demikian. Kurangnya pemahaman sehingga jadi salah kaprah membuat teman-teman psoriasis terjepit.

Baca juga:

Relawan COVID-19, Jagoan Tangguh Walau Virus Menyerang

Salim pernah tidak diperbolehkan mencoba pakaian di ruang ganti, sementara penyintas lain ada yg dijauhi teman atau bahkan diputuskan sang kekasih karena dianggap tak bersih. Akhirnya tak jarang penolakan semacam ini memicu pikiran negatif semakin melekat. Menganggap diri tak pantas berada di masyarakat. Takut dan khawatir jadi makanan sehari-hari. Namun mau sampai kapan?

Psoriasis Awareness Month dirayakan setiap bulan Agustus jadi momentum Salim dan tim Psoriasis Indonesia untuk bergerak. Kampanye Pahami Psoriasis: The Next Level diangkat jadi tema besar.

psoriasis
Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai Psoriasis. (Foto Psoriasis Indonesia)

Sebagai pejuang pernah mengalami pahit-manis dan jatuh-bangun bersama psoriasis, ia bertekad kualitas hidup ambruk harus dibangun kembali. "Tidak hanya dari sisi medis pengobatan, tapi juga pola hidup harus mendukung, kesehatan mental dan penerimaan diri sampai dengan memiliki dukungan dari orang-orang tepat, komunitas," tutur Salim nan sudah berjuang bersama Psoriasis selama 13 tahun belakangan.

Demi membuktikan mereka tak sendiri, Pahami Psoriasis hadir agar semua naik level, menjalani hidup lebih baik dari segala sisi. Lebih lanjut, acara tersebut diharapkan dapat menjadi solusi teman-teman psoriasis untuk mendapatkan haknya melalui peningkatan edukasi masyarakat mengenai kondisinya. Sekaligus menjadi ruang aman bagi para penyintas berbagi pengalaman dan saling mendukung satu sama lain.

Baca juga:

Kisah Anak Tangguh Kenobi Haidar Akmal, Dalang Cilik Wayang Potehi Penyintas ADHD

Berkolaborasi dengan Ego Pharmaceuticals, ErhaSkinsitive, Biotalk, dan Aethra Learning Center, Pahami Psoriasis: The Next Level diadakan setiap hari Sabtu di bulan Agustus. Sedangkan kampanye daring bertajuk "Bersama Lampaui Batas" berjalan sebulan penuh. Pada sesi pertama, peserta diajak mempelajari kembali serba-serbi psoriasis bersama dr. Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV.

Berlanjut di pekan kedua ada webinar "Psoriasis and Naturopathy" dengan Joshua Lie, ND, BHSc selaku Naturopath dan Energetic Healer. Pada sesi ketiga, partisipan belajar mengakali otak agar bisa lebih sehat secara fisik dan mental ditemani Jessica Farolan, S.Psi dan Jonathan Edward.

psoriasis

Sementara sesi terakhir jadi tempat curhat para penyintas dan 'support system'nya. Mereka membahas satu hal paling sering dibicarakan: "Cinta dan Hubungannya dengan Kondisi Autoimun". Bersama bertukar cerita tentang lika-liku romansa haru jadi tambahan kekuatan bagi mereka.

Secara total, kampanye ini berhasil menarik lebih dari 800 pendaftar dari berbagai latar belakang. Tak hanya penyintas saja, melainkan juga praktisi kesehatan serta orang terdekat dan kerabat dari teman-teman psorisasis.

Namun, perjuangan jadi jagoan tangguh nan mampu melampaui diri sendiri tak hanya dibatasi waktu satu bulan. Meski Agustus telah usai, peserta Pahami Psoriasis: The Next Level diajak untuk bergabung dalam komunitas Discord.

Nantinya, mereka akan terus diundang untuk berpartisipasi dalam semua aktivitas Psoriasis Indonesia di masa depan. Biar selalu ingat untuk tetap mengalahkan negatif dalam diri dan mengajak penyintas lain bersama menjadi pejuang tangguh. (Sam)

Baca juga:

Starter Pack Mahasiswa Tangguh yang Kuliah Sambil Kerja

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Panggung Kpop Penuh Tragedi
ShowBiz
Panggung Kpop Penuh Tragedi

Idola Kpop tidak bebas dari bencana besar.

Pencinta Alam Wajib Menjajal 7 Jalur Terpanjang di Dunia Ini
Fun
Pencinta Alam Wajib Menjajal 7 Jalur Terpanjang di Dunia Ini

Butuh ratusan hari untuk menempuh jalur terpanjang di dunia ini.

Markas Label Rekaman, Destinasi Liburan Impian Pencinta K-Pop
Travel
Markas Label Rekaman, Destinasi Liburan Impian Pencinta K-Pop

Seolah jadi 'kota suci' para pencinta K-pop.

Tanamkan 4 Hal Ini untuk Tampil dan Terlihat Classy
Fun
Tanamkan 4 Hal Ini untuk Tampil dan Terlihat Classy

Terlihat berkelas juga akan meningkatkan kepercayaan diri.

4 Astronot AS Gunakan Hak Suaranya dari Angkasa Luar
Fun
4 Astronot AS Gunakan Hak Suaranya dari Angkasa Luar

Tetap menggunakan hak suaranya meski tengah menjalankan tugas ke angkasa luar.

Tanayu dan Logic Lost Terjemahkan Lagu ‘Kidung Bumi’ ke Bahasa Jawa
ShowBiz
Tanayu dan Logic Lost Terjemahkan Lagu ‘Kidung Bumi’ ke Bahasa Jawa

Kidung Bumi bisa diartikan sebagai nyanyian untuk bumi.

Biar Waras, Masak Aja!
Hiburan & Gaya Hidup
Biar Waras, Masak Aja!

Kesehatan jiwa haruslah dicapai dengan menjalani hal-hal yang membuat kamu bahagia.

Mau Pamer Pencapaian Aja, Sok Modus Salah Kirim Chat Minta Maaf
Hiburan & Gaya Hidup
Mau Pamer Pencapaian Aja, Sok Modus Salah Kirim Chat Minta Maaf

Dalam menarik perhatian gebetan, ada sejumlah cara yang ampuh, salah satunya yakni dengan modus minta maaf dengan pamer terselubung demi menarik perhatian sang pujaan hati

The Beach Boys Segera Rilis Memorabilia Box Set Berisi 108 Lagu
ShowBiz
The Beach Boys Segera Rilis Memorabilia Box Set Berisi 108 Lagu

Setidaknya ada 108 The Beach Boys dalam box set bertajuk Feel Flows.

Starter Pack Dangdutan yang Unik nan Absurd
Fun
Starter Pack Dangdutan yang Unik nan Absurd

yuk kenang masa-masa ketika nonton dangdut dengan starter pack para penonton dangdut yang absurd dan unik bersama teman teman