berita-singlepost-banner-1
Kalah Pilgub, Cucu Soekarno Ambil Jatah Dapil Pamannya di Jatim Puti Guntur Soekarno (Foto: MP/Ponco Sulaksono)
berita-singlepost-banner-2
berita-singlepost-mobile-banner-7

MerahPutih.com - PDIP memastikan cucu mantan Presiden RI Soekarno, Puti Guntur Soekarno, maju sebagai bakal calon anggota legislatif mewakili daerah pemilihan Jawa Timur 1 yang meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo yang biasa diisi Guruh Soekarnoputra.

"Mbak Puti akan maju dari dapil Jatim 1 di Pemilu Legislatif 2019," kata Sekretaris DPD PDIP Sri Untari ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Sabtu (21/7).

Menurut dia, Guruh yang juga anak bungsu Bung Karno sekaligus paman Puti, yang setiap pemilu berada di dapil Jatim 1 akan dialihkan dapilnya.

Guruh
Guruh Soekarnoputra (ke2 dari kiri). Foto: Instagram/@bp2_fiqri

Guruh akan maju mewakili dapil Blitar dan Kediri menggantikan Pramono Anung yang pada Pemilu tahun depan tidak maju sebagai caleg dengan alasan fokus di Kabinet Kerja Pemerintahan Joko Widodo.

Sri Untari menambahkan masuknya nama Puti dan perpindahan dapil Guruh sudah melalui proses di internal partai dan diharapkan mampu mewakili aspirasi masyarakat setempat.

"Jika Mbak Puti dan Mas Guruh diberi amanah mewakili rakyat maka Insha Allah akan bersama-sama serta membawa aspirasi masyarakat," tandas Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim itu, dilansir Antara.

Khofifah Indar Parawansa dan Anak-anaknya
Khofifah Indar Parawansa (kedua kanan) didampingi putra putri, menunjukkan jari usai menggunakan hak suara di TPS 16 Jemur Wonosari, Surabaya (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Puti Guntur merupakan mantan anggota DPR RI hasil Pemilu 2014 yang maju dari dapil Jawa Barat X. Dia mengundurkan diri karena menjadi calon Wakil Gubernur Jatim berpasangan dengan Saifullah Yusuf di Pilkada Jatim 2018. Namun, pasangan ini kalah dari duet Khofifah-Emil Dardak berdasarkan keputusan KPU Jatim. (*)


berita-singlepost-mobile-banner-3

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


berita-singlepost-banner-4
berita-singlepost-banner-5
berita-singlepost-banner-6