Menyelamatkan Diri dari Tsunami, Jangan Lupa Bawa Tas Kecil Berisi Barang-Barang ini.. Bawa selalu tas kecil saat menyelamatkan diri dari bencana. (Foto: Pixabay)

ANDA bakal membutuhkannya saat bertahan diri dari gempa atau pun tsunami. Tapi ingat, isi tas sebaiknya tidak memberatkan tubuh Anda. Jika terlampau berat, langkah Anda saat menyelamatkan diri malah bakal terhambat.

Tas ini bisa ransel atau tas gendong. Isinya adalah sedikit barang yang pasti Anda butuhkan saat terdampar pascatsunami. Nomor satu, minuman dalam botol. Asupan air yang cukup akan menyelamatkan dari dehidrasi sehingga Anda bisa bertahan hidup.

Barang lain yang wajib Anda masukkan adalah baju, fotokopi KTP, makanan berenergi, P3K, obat-obatan pribadi, dan senter. Masukkan fotokopi KTP ke dalam plastik dan pastikan plastik ini benar-benar kedap air.

Pengalaman salah seorang korban tsunami Aceh yang selamat, Martunis, ia mampu bertahan hidup hanya dengan mengandalkan air mineral dan mi instan kering yang terapung di sekitarnya.

Lalu, jangan panik kala menyelamatkan diri. Apalagi sampai rebutan turun tangga atau dorong-dorongan. Karena, hal-hal seperti ini justru bisa membahayakan diri Anda dan orang lain yang sama-sama sedang menyelamatkan diri.

Siapa pun pasti tidak ingin menjadi korban gempa atau pun tsunami, tapi tidak ada salahnya bila menyiapkan tas kecil ini saat kondisi aman. Simpan selalu tas ini di samping tempat tidur atau dekat pintu ke luar rumah atau pintu kamar hotel saat Anda berlibur. Dengan begitu, Anda akan langsung melihatnya saat akan menyelamatkan diri. (*)

Sebagai negara yang sering dilanda gempa, perusahaan properti di Jepang telah membangun rumah-rumah tahan gempa. Anda bisa membaca informasinya pada artikel Rumah Tahan Gempa ini Terbuat dari Styrofoam, Enggak Takut Kanker?

Kredit : rina


Rina Garmina