Kala Milenial Siasati Penuhi Gaya Hidup Dengan Tidak Utang Ilustrasi belanja online. (Linkaja)

MerahPutih.com - Kondisi daya beli masyarakat termasuk milenial sedang diuji di tengah pandemi ini. Data Badan Perencana Pembangunan Nasional tingkat konsumsi rumah tangga lebih rendah dari kuartal I 2020 sebesar 2,84 persen.

Dalam 10 minggu atau dari 30 Maret sampai 6 Juni 2020 saat pandemi dimulai, telah menghilangkan jam kerja yang luar biasa dan menghilangkan daya beli sekitar Rp362 triliun. Pemerintah memperkirakan laju ekonomi kemungkinan minus 3,8 persen pada kuartal II 2020.

Kondisi turunya daya beli ini, membuat masyarakat terutama milenial banyak yang terjebak utang baik lewat kartu kredit, pinjaman online atau utang pada teman sendiri, karena hilangnya pendapatan namun tidak bisa ngerem gaya hidup.

Baca Juga:

Wapres Semangati Anak-anak untuk Optimistis di Masa Pandemi

Pengamat Ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira mengatakan, perkembangan teknologi membuat anak muda atau milenial lebih mudah untuk belanja secara online di tengah wabah corona atau COVID-19.

Padahal kata ia, saat ini lebih banyak milenial pendapatan hanya cukup untuk beli kebutuhan pokok. Tetapi latah ikuti tren.

"Solusi terbaik agar anak muda tak berhutang ialah membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan jangan tergoda dengan promo dan potongan harga.

Salah seorang pekerja milenial, Dion (23) mengatakan, dirinya harus bekerja dan mempunyai penghasilan agar bisa membeli barang atau sesuatu yang diinginkan. Untunynya, ia masih memiliki tabungan untuk memenuhi hasratnya.

Ia menegaskan, disaat pandemi ini, jika ingin mempunyai sesuatu yang berbentuk barang, dengan tidak berhutang. Yakni, sebelum membeli dirinya harus mengirit pengeluaran seperti membawa makan dan minum dari rumah saat bekerja.

Ilustrasi belanja daring
Ilustrasi belanja daring. (Foto: Antara)

"Lebih irit. Kalau makan dan minum mending bawa dari rumah sendiri," ujarnya.

Selain itu, tidak banyak berpergian merupakan salah satu solusi terbaik agar tidak berhutang saat membeli barang yang diinginkan.

"Uang yang untuk berpergian ditabung dan setelah sudah terkumpul baru beli barang yang diminati. Kurang kurangi berpergian di rumah aja," ungkapnya.

Baca Juga:

Anies Tengah Godok Protokol Kesehatan untuk Hiburan Malam


Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH