Kakorlantas: Puncak Arus Mudik di Palembang H-2 Hingga H+1 Mobil terparkir di ruas Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang, Lampung, Sabtu (11/5). (ANTARA/Anita Permata Dewi)

Merahputih.com - Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri memprediksi puncak arus mudik Lebaran di Palembang, Sumatera Selatan, akan terjadi di H-2 hingga H+1 Lebaran 1440 Hijriyah.

"Kalau di Palembang, justru kepadatan (arus mudik) pada H-1 atau H-2 dan H+1 Lebaran," ujar Irjen Refdi di Kantor PJR Sumsel, Palembang, Sumsel, Minggu (12/5).

Hal itu dikatakan Kakorlantas usai melakukan peninjauan jalur mudik Tol Trans Sumatera, tepatnya dari Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung-Palembang.

BACA JUGA: Biar Mudik Lancar, Pengerjaan Proyek Tol Jakarta Cikampek Dihentikan H-10 Lebaran

Hal ini berbeda dengan daerah lain yang diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-5 hingga H-3 Lebaran.

"Ada sedikit perbedaan estimasi kepadatan ketika kami melakukan penilaian khususnya arus mudik dan balik pada beberapa ruas di Pulau Jawa, termasuk Jakarta, Lampung," jelas dia.

Refdi menilai perbedaan waktu puncak arus mudik itu karena kegiatan silaturahmi masyarakat Palembang. "Karena banyaknya masyarakat di sini memanfaatkan waktunya untuk silaturahmi, juga menikmati tempat liburan di sini," beber Refdi.

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang akan dibuka secara fungsional dua arah untuk setengah hari dari pukul 06.00-18.00 pada musim mudik Lebaran.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri. (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Ia merinci tol tersebut mulai dari kilometer 140 hingga kilometer 238 Tol Trans Sumatera. Tol tersebut berdampingan dengan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di kilometer 0-140 yang kini sudah operasional 24 jam.

Sementara, sebagaimana dikutip Antara, dari Tol Pematang Panggang hingga Kayu Agung akan difungsionalkan satu arah selama arus mudik dan arus balik Lebaran. Tol ini juga hanya dibuka setengah hari pada pukul 06.00 hingga 18.00. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH