Kesehatan
Kaki Gatal saat Olahraga, ini Biang Keroknya Peningkatan aliran darah dan hawa panas dapat menyebabkan strimulasi syaraf yang dibaca otak sebagai gatal. (Unsplash/Dulcey Lima)

KAMU sedang olahraga lari, lalu kakimu tiba-tiba mengalami ruam gatal yang parah, apa yang terjadi? Peristiwa itu disebut gatal kaki atau runner's itch. Rasanya seperti ratusan semut merayap di bawah. Ternyata hal itu tidak hanya dialami pelari.

"Sebagian dokter menyebutnya sebagai vaskulitis akibat olahraga," kata Dr Suzanne Cheng, konsultan senior di National Skin Centre, Singapura. Dia mengatakan kedengarannya seperti sebuah oxymoron, tapi gatal muncul hanya setelah latihan fisik pada orang sehat.

“Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit (65 persen), tetapi pasien juga dapat datang dengan sensasi rasa berat seperti terbakar atau nyeri,” jelas Cheng, seperti diberitakan Channel News Asia.

BACA JUGA:

Membentuk Massa Otot Enggak Perlu Gengsi, Damai Ajalah Fokus Sama Diri Sendiri

Menurutnya, gatal dan ruam biasanya terbatas pada tungkai bawah. Rasa gatal yang hebat juga bisa dialami di perut, meski biasanya tidak ada ruam.

Bukan masalah kulit

kaki
Unsur genetika atau riwayat keluarga juga dapat membuat kamu lebih rentan terhadap runner's itch. (123RF/phanuwatnandee)

Gatal kaki yang biasanya terasa di bawah kulit sebenarnya merupakan indikasi bahwa penyebabnya bukan di kulit. “Selama aktivitas fisik meningkat, aliran darah ke tungkai bawah meningkat,” jelas Dr John Wang, konsultan tamu di PanAsia Surgery, yang berspesialisasi dalam bedah vaskular terbuka dan endovaskular.

“Peningkatan aliran darah menyebabkan jaringan pembuluh darah melebar, sehingga terjadi stimulasi saraf yang mengelilingi pembuluh darah dan jaringan sekitarnya, yang dirasakan oleh otak sebagai sensasi gatal,” katanya.

Selain peningkatan aliran darah, tubuh juga melepaskan histamin selama berolahraga untuk mencegah kelelahan, kata Wang, mengutip beberapa penelitian. Bahan kimia yang sama yang berhubungan dengan alergi dapat memperluas pembuluh darah untuk memungkinkan peningkatan aliran darah, katanya. Sayangnya, histamin juga mengirimkan pesan gatal ke otak.

Lalu mengpa muncul juga ruam yang menyertai gatal? Wang menjelaskan, berada di bawah sinar matahari banyak dapat menyebabkan pembuluh darah kecil yang dikenal sebagai arteriol meradang dan menyebabkan bercak merah.

Terkadang, juga muncul bintik-bintik atau bercak keunguan. Ini terjadi ketika arteriol pecah dan darah mulai menggenang di bawah kulit. “Ini bisa terjadi pada orang yang melakukan ambulasi berkepanjangan, seperti pelari maraton, terutama saat mereka berlari di cuaca panas atau di ketinggian,” kata Wang.

Jika gatal kaki tidak mereda, kamu harus mencari pertolongan medis karena beberapa kondisi autoimun dapat meniru vaskulitis yang disebabkan oleh olahraga dan harus diselidiki, Wang mengingatkan. Dia menambahkan, genetika atau riwayat keluarga juga dapat membuat kamu lebih rentan terhadap runner's itch.

Berolahraga secara teratur

lari

Untuk meningkatkan sirkulasi darah kamu dapat memakai kaus kaki atau celana kompresi saat olahraga. (freepik/gpointstudio)

Namun, berhenti berolahraga bukanlah pilihan untuk menghentikan gatal kaki ini. “Frekuensi dan intensitas gatal biasanya berkurang seiring dengan kondisi individu dan lebih terbiasa dengan tingkat aktivitas fisik dengan peningkatan stamina,” katanya.

Berolahraga secara teratur dapat mengkondisikan tubuh untuk perubahan pelebaran pembuluh darah dan mengatasi gatal kaki, menurut Wang. Tentu saja, setiap kali kamu rehat panjang dari rutinitas olahraga, tubuh juga perlu dikondisikan kembali.

Jika kamu tidak masalah dengan minum obat, bisa mencoba antihistamin 30 menit sebelum berlari atau berolahraga, saran Wang. Pilihlah antihistamin yang dijual bebas seperti loratadine, cetririzine atau fexofenadine.

Cara lain untuk meningkatkan sirkulasi darah adalah dengan memakai kaus kaki atau celana kompresi. Mengangkat kaki selama 15 menit beberapa kali sehari juga dapat membantu kamu mengatasi gatal kaki.

Jika kamu memulai kembali sesi lari atau program latihan dan ingin menghindari gatal kaki, pertimbangkan untuk berolahraga dengan intensitas yang lebih rendah dan durasi yang lebih pendek. Hindari berolahraga pada jam-jam dengan cuaca panas karena panas merupakan faktor utama yang memicu gatal.

Pertimbangkan pula untuk beralih ke pakaian yang lebih ringan yang terbuat dari bahan yang cepat kering. Wang juga menyarankan untuk melepas pakaian yang basah oleh keringat segera setelah berolahraga, diikuti dengan mandi air hangat (bukan panas). Cara itu juga dapat membantu masalah gatal kaki.(aru)

  • LAINNYA DARI MERAH PUTIH
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
ABB, Strategi Keuangan yang Harus Diterapkan Perusahaan
Fun
ABB, Strategi Keuangan yang Harus Diterapkan Perusahaan

Anggaran menjadi salah satu faktor penting dalam perusahaan.

Kantung Mata, Mudah Menghilangkannya
Fun
Kantung Mata, Mudah Menghilangkannya

Meski tidak berbahaya, kantung mata dan lingkaran hitam di sekitar mata bisa membuat penampilan jadi tidak segar.

Sutradara: 'All of Us Are Dead' adalah Cerminan Masyarakat
Fun
Sutradara: 'All of Us Are Dead' adalah Cerminan Masyarakat

All of Us Are Dead menjadi salah satu serial populer di Netflix.

Akhir Pekan, Enaknya Nonton Tayangan Fiksi Ilmiah
ShowBiz
Akhir Pekan, Enaknya Nonton Tayangan Fiksi Ilmiah

Tayangan fiksi ilmiah punya visual yang memanjakan mata.

Emil Dardak Berikan Kado Cinta untuk Arumi Baschin
ShowBiz
Emil Dardak Berikan Kado Cinta untuk Arumi Baschin

Pada karya terbarunya, trio ini berkolaborasi dengan penyanyi Emil Dardak, yang kini terjun ke dunia politik

Remaja, Target Karya Sastra Populer
Fun
Remaja, Target Karya Sastra Populer

Produsen dengan sengaja menciptakan ruang-ruang pasar bagi para remaja.

Ada yang Lebih Menyakitkan dari Selingkuh Fisik
Fun
Ada yang Lebih Menyakitkan dari Selingkuh Fisik

Jika seperti ini dia sudah pasti memilih selingkuhannya dibandingkan kamu.

PRJ Pertama Digelar pada Tahun 1968
Fun
PRJ Pertama Digelar pada Tahun 1968

Pekan Raya Jakata (PRJ) pertama kali digelar di kawasan Monas pada tanggal 5 Juni hingga 20 Juli di tahun 1968

Easter Egg Windows 1.0 Terungkap Setelah 37 Tahun Rilis
Fun
Easter Egg Windows 1.0 Terungkap Setelah 37 Tahun Rilis

Salah satu rahasia yang telah terkubur dari sistem operasi paling lawas dari Microsoft.

Teman Dekat Oprah Winfrey cuma 3
ShowBiz
Teman Dekat Oprah Winfrey cuma 3

Ada 'hubungan spiritual' di antara mereka sejak pertama bertemu.