KAI Tambah Lagi 572 Ribu Lebih Tiket Kereta Mudik Lebaran

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 14 April 2023
KAI Tambah Lagi 572 Ribu Lebih Tiket Kereta Mudik Lebaran
Penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta. Foto: PT KAI

MerahPutih.com- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menurunkan 478 lokomotif dan 1.706 gerbong kereta yang siap dioperasikan untuk angkutan mudik Lebaran 2023.

Selain itu, KAI juga menyiapkan tiket angkutan Lebaran 2023 sebanyak 6,9 juta untuk arus mudik dan balik.

Baca Juga:

2 Juta Tiket Kereta Api untuk Mudik Sudah Terjual

Sebanyak 6,9 juta tiket khusus untuk KA jarak jauh yang biasa digunakan masyarakat untuk mudik dan kembali setelah lebaran.

Untuk arus mudik KAI menyiapkan tiket sebanyak 3.065.404 KA jarak jauh dan telah dipesan sekitar 2 juta tiket sekitar 65 persen.

"Tambahan tiket berjumlah 572.548 tiket sebagai upaya menyukseskan angleb 2023," kata Direktur Keamanan dan Keselataman KAI Sandry Pasambuna dalam Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2023 di Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (14/4).

Pada masa Angkutan Lebaran tahun ini, KAI menetapkan periode Angkutan Lebaran selama 19 hari dari 14 April sampai 2 Mei 2023.

Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP.

Baca Juga:

1,92 Juta Tiket Kereta Api Lebaran Terjual

Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati.

Pihaknya berkomitmen untuk memberikan prioritas terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan untuk menjadikan mudik dengan kereta api aman dan berkesan

Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran ini, KAI menambah petugas prasarana meliputi Petugas Penjaga Jalan Lintas (PJL) 345 orang, Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) 363 orang, dan Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus) 180 orang.

Adapun sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api.

KAI melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib.

"KAI menyiapkan tenaga kamtib yang terdiri dari 1.256 Polsuska, 2.467 security, serta 442 TNI/Polri (eksternal)," tuturnya. (Knu)

Baca Juga:

Daftar Kereta Api Yang Dapat Tiket Diskon Mudik 20 Persen

#Kereta Api #PT KAI #Mudik Lebaran
Bagikan
Bagikan