KAI Siapkan Enam Perjalanan Kereta ke Bandara Baru Yogyakarta

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 24 April 2019
KAI Siapkan Enam Perjalanan Kereta ke Bandara Baru Yogyakarta
Direktur KAI Edi Sukmoro (baju putih samping kanan Sri Sultan HB X. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Bandara International Yogyakarta akan diresmikan pada 29 April 2019. PT KAI akan meengoperasionalkan 6 perjalanan kereta api dari Yogyakarta menuju ke stasiun Wojo, Purwerejo, Jawa tengah. Stasiun Wojo adalah stasiun terdekat dari lokasi bandara.

Direktur utama PT KAI, Edi Sukmoro menjelaskan enam perjalanan ini akan diangkut oleh satu KA khusus bandara dan KA Solo Express.

Direktur utama PT KAI, Edi Sukmoro
Direktur utama PT KAI, Edi Sukmoro

"Nanti ada satu kereta khusus dari stasiun Maguwoharjo Sleman ke Stasoun Wojo. Sehari ada empat trip," jelas Edi saat meninjau lokasi bandara YIA di Kulonprogo Yogyakarta, Rabu (24/4).

Sementara, dua trip KA lainnya dilalui oleh KA Solo Express yang memiliki rute Solo-Purwerejo.

Selain itu ada juga 37 perjalanan KA yang melintas di stasiun Wojo setiap hari. Jika penumpang bandara membeludak, KAI berencana mengatur skema agar ke 37 KA tersebut berhenti di stasiun Wojo.

Enam perjalanan Kereta disiapkan untuk melayani calon penumpang dari Yogyakarta dan sekitar menuju bandara. Dari stasiun Wojo, penumpang akan diantar ke bandara dengan bus Damri.

Rute enam perjalanan KA dioperationalkan sementara. Lantaran PT KAI berencana membangun stasiun kereta di dalam area bandara.

KA Solo Express
KA Solo Express

"Intinya sekarang kita pakai jalur yang sudah ada dulu,"pungkas Edi

Namun Edi belum bisa memastikan waktu pembangunan stasiun. Manajer Humas KAI DAOP VI Eko Budianto menjelaskan KAI tengah memperluas ruang tunggu di tiga stasiun di antaranya Stasiun Wojo, dan Stasiun Wates.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya

#PT KAI #Bandara Kulon Progo
Bagikan
Bagikan