KAI Jamin Kembalikan 100 Persen Uang Calon Penumpang, Begini Syaratnya Lokomotif berjejer di Dipo KAI Daop 6 Yogyakarta. Foto: Humas KAI

MerahPutih.com - Sejak diberlakukannya larangan mudik oleh pemerintah, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberhentikan seluruh perjalanan kereta api.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan mulai Jumat, 24 April 2020 hingga 31 Mei 2020 seluruh keberangkatan dan kedatangan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh dan KA Lokal tidak dioperasikan.

Baca Juga

Darurat Corona Diperpanjang, KAI Siapkan Langkah Antisipasi Mudik Lebaran

Adapun, untuk KA Jarak Jauh yang tidak beroperasi merupakan KA dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan berbagai kota di wilayah lainnya.

"Secara total terdapat 70 perjalanan KA Jarak Jauh dan 31 perjalanan KA Lokal di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan perjalanannya," jelas Eva dalam keteranganya, Rabu (29/4).

Petugas KAI sedang memperbaiki Sarpras di Stasiun Tugu Yogyakarta.
Petugas KAI sedang memperbaiki Sarpras di Stasiun Tugu Yogyakarta. Foto: Humas KAI Daop 6 Yogyakarta

Menurut Eva, bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket, akan dikembalikan penuh oleh KAI dengan dihubungi oleh Contact Center KAI 121 untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.

Selain itu, calon penumpang juga dapat membatalkan tiketnya sendiri, PT KAI Daop 1 menyarankan proses pembatalan agar dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.

"Jika pengguna tetap akan melalui loket Stasiun untuk melakukan pembatalan maka dapat langsung ke loket stasiun yang sudah ditunjuk," jelas Eva.

Pembatalan dapat dilakukan di delapan stasiun Daop 1 Jakarta yang sudah ditunjuk, diantaranya Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jakarta Kota, Bekasi, Cikampek, Bogor Paledang, Rangkasbitung, Serang. Dengan waktu operasional hari Senin-Minggu, pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Lalu, pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan.

"Pemohon pembatalan tiket harus penumpang yang namanya tercantum pada tiket serta membawa ID asli dan fotocopy. Kemudian mengisi formulir pembatalan dengan melampirkan kode booking tiket," ungkap Eva.

Jika diwakilkan, calon penumpang wajib melampirkan surat kuasa bermaterai Rp6000,- dari pemilik tiket kepada yang dikuasakan dan membawa identitas asli sesuai nama pemilik tiket.

"Dalam hal ini kartu keluarga tidak dapat menjadi berkas untuk menggantikan surat kuasa. Proses pembatalan yang dilakukan di loket stasiun, uang akan dikembalikan 100% secara tunai," tambah dia.

Baca Juga

KAI Setop 32 Perjalanan Kereta Api Lintas Selatan

Eva menjamin, sejumlah prosedur ini dilakukan untuk mengamankan proses pengembalian uang tunai agar tidak terjadi kondisi yang merugikan para pengguna jasa atau kesalahan pada pengembalian bea tiket yang diberikan dalam bentuk tunai secara langsung di loket stasiun.

Eva menjelaskan, jika terdapat sejumlah hal yang masih belum dipahami atau terdapat kebutuhan informasi lainnya terkait pembatalan tiket, sebelum menuju stasiun para pengguna dapat menghubungi layanan pelanggan di saluran telepon contact center line (021) 121. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH