KAI Daops 6 Aktifkan KA Reguler Jarak Jauh dan KA Lokal Prameks Solo-Yogyakarta Kereta Prameks relasi Solo-Yogyakarta berhenti di Stasiun Solo Balapan. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta kembali mengoperasikan perjalanan kereta api reguler jarak jauh dan kereta lokal Prameks secara bertahap untuk melayani masyarakat mulai Jumat (12/6).

Hal tersebut mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19.

Baca Juga

PT KAI Perpanjang Pengembalian 100 Persen Uang Tiket Kereta Api

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto pengaktifkan kereta api reguler jarak jauh dan kereta lokal Prameks ini juga mengacu pada Surat Edaran Ditjenka Kemenhub Nomor 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran COVID-19.

"Awalnya kami membatalkan sementara seluruh perjalanan KA Reguler dan membatalkan sementara sebagian perjalanan KA Lokal Prameks. Mulai Jumat terdapat beberapa KA reguler dan KA lokal Prameks yang akan kembali dijalankan," ujar Eko pada MerahPutih.com, Kamis (11/6).

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto. (MP/Ismail)
Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto. (MP/Ismail)

Eko nenegaskan pengoperasian kembali KA reguler ini tetap diikuti dengan protokol kesehatan ketat untuk pencegahan penyebaran COVID-19 melalui transportasi kereta api. Masing-masing pengoperasiannya delapan perjalanan KA jarak jauh dan enam perjalanan KA lokal Prameks.

"Kereta Api yang kami operasikan kembali pada tahap awal ini di antaranya kereta dari dan menuju Stasiun Kiaracondong, Cirebon, Purwokerto, Kutoarjo, Wates, Yogyakarta, Klaten, Purwosari, Solo Balapan, Sragen, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Ketapang, dan berbagai stasiun lainnya sesuai jadwal perjalanan KA Reguler yang beroperasi," papar dia.

Khusus untuk KA lokal Prameks relasi Solo-Yogyakarta, lanjut dia, penambahan frekuensi perjalanan dari sebelumnya hanya empat perjalanan perhari menjadi enam enam perjalanan per hari. Untuk melakukan pembelian tiket, masyarakat dapat memesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA.

Baca Juga

Pendapatan Anjlok, Begini Nasib Para Pegawai PT KAI

"Penjualan tiket di loket stasiun kami layani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA. Pada tahap awal, KAI hanya menjual tiket 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia sebagai upaya penerapan jaga jarak," pungkasnya. (*)

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH